Android Code : Cara mudah mengganti background warna pada Action Bar

Edisi kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengganti background color pada Action bar. Buat anda yang sedang bermain di Android mungkin trik ini merupakan salah satu cara ringan untuk membantu anda dalam membuat User Interface yang lebih menarik.  Jadi misalnya jika selama ini anda hanya bisa menggunakan warna dark dan light, maka dengan cara ini anda bisa mengganti warna sesuka hatimu (bukan hati orang lain).

Langsung aja ya gaes. Cara ini saya buat dengan Style compatibility Holo. Konfigurasi warna yang akan digunakan didefinisikan pada file /res/values/themes.xml seperti berikut: Ingat ini hanya berlaku untuk android dengan versi 3.0 keatas.

Selanjutnya cara penggunaannya cukup sederhana, kita hanya perlu memanggil themes CustomActionBarTheme yang telah kita buat ini melalui file manifest seperti dibawah:

Jika beruntung maka code diatas akan menghasilkan tampilan seperti dibawah. Tapi jika kamu belum berhasil maka kamu kudu  coba lagi gaes, jangan menyerah ya bro.

Cukup mudah kan gaes? kalau kamu masih ndak mudeng silakan baca baca tutorial styling the Action bar langsung dari dokumentasi Android. Dan buat kamu yang mau source code ini silakan ambil di github saya, tapi sorry lho kalau misal codingnya brantakan.

Sekian dulu ya gaes, bertemu lagi di berbagi code selanjutnya.

Salam sehat dan bahagia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY