Benarkah Matikan HP Karena Ada Lintasan Sinar Kosmik?

planet via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Blog –  Hari ini saya mendapatkan sebuah pesan dari beberapa group chat tentang adanya lintasan sinar kosmik yang akan melintasi bumi. Menurut info yang tersebar ini, kita diminta mematikan handphone pada saat tidur untuk menghindari sinar radiasi yang diakibatkan lintasan sinar kosmik.

Berita ini sebenarnya sudah pernah saya dapatkan jauh sebelum hari ini.  Bahkan berita ini sudah beredar sejak beberapa tahun lalu. Sejauh yang saya paham, bahwa berita ini tak lebih dari HOAX atau isu belaka.

Karena rasa penasaran akan info ini (lagi), akhirnya saya berusaha mencari tau (baca:googling) asal muasal dan sumber dari berita ini. Menurut pesan yang tersebar tersebut mengatakan bahwa info bisa dilihat pada google news (NASA,BBC), maka pencarian saya mulai dengan googling beberapa keyword tentang sinar kosmik dalam bahasa indonesia. Dari temuan hasil googling tersebut, tak ada satupun info valid yang menyatakan bahwa ini adalah info resmi dari NASA atau BBC. Hasil pencarian justru mengarah pada informasi ini hanya sebuah desas-desus atau isu alias hoax semata.

Sebuah artikel Liputan6 pernah membahas berita sejenis, dan kabar tersebut hanya sebatas isu dan belum terbukti kebenarannya:

“Jangan panik. Itu cuma desas-desus. Ada laporan bahwa orang di seluruh dunia menerima pesan palsu yang dikatakan berasal dari NASA dan BBC bahwa sinar kosmik akan memasuki Bumi dari Mars dan telah meminta orang mematikan telepon genggam mereka pada malam hari dan tidak menyimpannya di dalam satu serta menjauhkan alat tersebut saat orang tidur,” – Liputan6.com

Sebuah Thread kaskus yang mempertanyakan masalah ini sejak tahun 2011 pun tak ada yang menjawab apakah kabar sinar kosmik ini benar adanya.

Penelusuran (googling) saya lanjutkan dengan menggunakan keyword bahasa inggris dan tentunya menggunakan kata kunci sumber nasa atau bbc. Namun lagi-lagi tak ada satupun artikel yang menyatakan ini adalah kabar resmi dari Nasa ataupun BBC.

Akhirnya saya menemukan artikel yang hampir berkaitan dengan berita ini berasal dari situs BBC news, sedikit bisa lebih dipercaya bahwa ternyata bbc sendiri ternyata pernah menulis artikel tentang Hoax ini terjadi di Negara Ghana (BBC.co.uk).

Salah satu situs yang berisi info hoax Hoax-Slayer bahkan sudah mencantumkan berita ini sebagai salah satu berita hoax di salah satu halamannya.

Well, dengan beberapa referensi yang sudah saya dapatkan, maka saya simpul-kan bahwa berita ini hanyalah hoax semata. Entah apa tujuan sipembuat isu ini, yang jelas isu ini sudah beredar sejak bertahun-tahun dan sayangnya masih saja ada orang yang menyebarkannya.

Saya paham dengan maksud orang yang sekarang masih menyebarkannya, maksudnya jelas baik. Mengingatkan teman ataupun saudaranya tentang berita ini. Namun apapun infromasi yang saya (anda) dapatkan, maka ada baiknya cari atau pelajari sumbernya terlebih dahulu sebelum menyebarkannya ke-pihak lain. Alih-alih ingin membuat kebaikan malah bisa jadi membuat kepanikan sesama. So, mari berbagi apa yang kita benar-benar tau dan mari menanggapi sebuah berita dengan mencari tau kebenaran sebenarnya.

Baca juga : Heboh! Nasa Temukan Air di Planet Mars

Diluar informasi ini benar atau salah, memang mematikan handphone dan menjauhkan handphone disaat tidur adalah perbuatan yang baik dan tidak salah. Selain dapat menghidarkan radiasi akan sinyal ponsel, dengan matinya handphone bisa menghemat baterai ponsel, betul bukan? 🙂

stay positive!

Berikut beberapa format berita hoax mengenai sinar kosmik :

SEKILAS INFO

Nanti malam hp dimatikan dan jauhkan dr badan dr jam 00.30 sd 04.00 krn ada lintasan sinar kosmik dr luar bumi yg akan menghantarkan efek radiasi tinggi pd satelit di lintasan bumi (berbahaya). Info bisa dlihat di google news (nasa, bbc). Infokan kesemua orang2 yg disayangi. (Info dari bu Purwanto istri mantan GM AP1 Dps yg bekerja di telkom Jogja.Bc’an. Mhn di share,


Tonight 12:30 – 3:30 be sure to turn off the phone : Singapore TV has announced the news. Please read about it and take care of yourself .

Tell your dear relatives and friends : This evening from 12:30 – 3:30 am , dangerous, high radiation, cosmic rays will pass close to the Earth . So please turn off your cell phone . Do not let your cell phone be close to your body , it may cause damage .

Please check the Google NASA and BBC News. Forward this message to all you care for.


Tonight 12:30 am to 3:30 am cosmo rays entering earth from mars. So switch off your mobile at night. Don’t keep your cell with you & put it away while you are sleeping because they are too much dangerous rays: NASA informs BBC NEWS. Pls spread this news


 

Penawaran! Beli 3 Philips Putih Lampu LED

Beli 3 Lampu Philips LED langsung dari BLIBLI

gapuramas_philips-putih-lampu-led-3-watt-3-pcs_full01

HANYA Rp 93,000

Rp 122,000 24% OFF

  • Tahan lama hingga 15 tahun
  • Hemat energi hingga 90%
  • Tidak mudah panas
  • Aman dan ramah lingkungan
  • Tidak memancarkan ultraviolet (UV)
  • Konsumsi daya
    3 watt
  • Warna
    Putih
  • Garansi
    1 tahun

Penawaran! Xiaomi Yi Action Camera – 16 MP – Hijau

Dapatkan Xiaomi Yi Action Camera dengan harga yang murah dari Lazada:

Harga : RP 989.000
Sebelum RP 1.799.000Diskon 45%

Xiaomi-yii-camera

  • 16MP
  • Action Camera Terbaik
  • Memory Hingga 64GB
  • Battery 1010 mAh

Pustaka :

Hoax Alert: Cosmic Rays from Mars Entering Earth

http://news.bbc.co.uk/2/hi/africa/8465619.stm

http://www.hoax-slayer.com/cosmic-rays-entering-earth-from-mars-hoax.shtml

http://www.gmanetwork.com/news/story/380016/scitech/science/turn-off-your-cellphones-because-of-cosmic-rays-from-mars-that-s-a-hoax

http://www.kaskus.co.id/post/542cd1e512e257737a8b456e#post542cd1e512e257737a8b456e

http://tekno.liputan6.com/read/467482/heboh-sinar-kosmik-mars-ledakkan-semua-ponsel

9 COMMENTS

  1. sepertinya semua hoax spam ini berasal dari banyak pihak yang memanfaatkan teknologi secara kotor. contohnya saja “statshunter”, dengan memanfaatkan stats yg ada pada karya ketidakjelasan orang tsb yg dpt menyita perhatian dunia (sistemnya saya tidak terlalu mengerti..) lalu tiba-tiba bisa diubah menjadi nominal uang yang lumayan besar. coba saja hitung bertahun-tahun org percaya dgn hoax tsb semakin besar uang yang akan dikirim ke orang-orang yg tdk bertanggung jawab.

  2. Tapi ada salahnya melakukan sesuai kabar itu, krn radiasi hape saat tidur juga berbahaya, tidak hanya malam jam 00.30 sampai 03.30 saja. Karna nasa juga banyak menyimpan rahasia yg sengaja dirahasiakan supaya masyarakat tidak panik terhadap informasi tertentu.

  3. info nggak penting kayak gini nggak usah disebarin lah……kloupun benar pasti juga ada pemberitahuan ke publik…kita nggak perlu resah dengan hal2x yang kita sendiri aja nggak perlu tau…

  4. Tp mungkin saja ada benarx gk apa khan klu kita sedia payung sebelum hujan..jd kita juga bisa was..was..donk ini mlm siapa tau itu benar bencana atau musibah alam siapa yg tau ama juga dengan ajal tdk ada yg tau kpank datangx sy fikir berita ini ada juga manfaatx untuk kita waspada dan itupun gk pake maksa manusia yg percaya aja boleh gunakan dan yg gk percaya gk usah digunakan..yg jelas indonesia tetap merdeka….merdeka…

LEAVE A REPLY