Hari Guru Nasional

Gambar Guru

Hari ini, 25 November 2015 bangsa Indonesia memperingati ulang tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), dan juga memperingati hari guru. Hari guru di Indonesia sendiri biasanya diperingati dengan diadakannya upacara hari guru.

Pemerintah melalui Menteri Kebudayaan & Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan mengapresiasi jasa para guru melalui pidato yang dishare melalui facebook page Anies Baswedan.hariguru

Rupanya, peringatan hari guru mempunyai sejarah yang cukup panjang. PGRI sendiri awalnya terbentuk dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Organisasi ini bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda mereka umumnya bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua. Sejalan dengan keadaan itu, maka selain PGHB berkembang pula organisasi guru bercorak keagamaan, kebangsaan, dan sebagainya. Dua dekade berselang, nama PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Pada masa pemerintahan Jepang segala organisasi dilarang dan sekolah ditutup sehingga PGI tidak dapat lagi melakukan aktivitas. Namun, semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjadi dasar PGI untuk menggelar Kongres Guru Indonesia pada 24–25 November 1945 di Surakarta. Di dalam kongres inilah, tepatnya pada 25 November 1945, PGRI didirikan. Maka, sebagai penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI tersebut sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati setiap tahun.

Meskipun masih banyak cerita tidak menyenangkan mengenai kehidupan para guru yang tidak diperhatikan pemerintah, tetap saja profesi guru adalah sebuah profesi yang mulia. Dengan segala lika-likunya para guru mengabdikan diri untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Selamat Hari Guru, semoga sebagai pendidik, guru selalu bisa menjaga integritas dalam setiap karya dan jasanya. Mari menyanyikan hymne guru bersama-sama.

 

Sumber:
http://news.okezone.com/read/2014/11/24/65/1070137/sejarah-panjang-hari-guru-nasional
http://yayasansoebono.org/perkembangan-sejarah-hari-guru-nasional

Photo credit:
https://www.facebook.com/aniesbaswedan/

LEAVE A REPLY