Cara Membuat Form Rating Pada Android Menggunakan Ratingbar

GULANGGULING.COM | TUTORIAL ANDROID – Biasanya kita melihat form rating ini di Google Playstore, form rating selalu identik dengan bentuk bintang sebanyak 5 buah. Form Rating tersebut biasanya digunakan untuk memberikan nilai terhadap aplikasi Android yang kita gunakan.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips cara membuat rating pada aplikasi Android. Cara cukup sederhana, kita dapat menggunakan component bernama Ratingbar. Komponen tersebut dapat kita gunakan sebagai sebuah form dan kita dapat mengambil value dari ratingbar tersebut. Koding sederhananya seperti dibawah ini :

Dibawah ini contoh class untuk mengambil value dari ratingbar tersebut :

Class di atas adalah contoh sederhana dalam pengimplementasian Ratingbar pada Android. Dengan komponen ini tentu saja Anda dapat membuat form yang lebih baik dan bisa berkomunikasi langsung dengan rating pada playstore. Mungkin dilain kesempatan saya akan memberikan contoh untuk membuat form rating yang langsung berkomunikasi dengan Google Playstore.

Well, sekian tutorial cara membuat form rating pada Android. Semoga bermanfaat untuk saya dan untuk Anda yang membuatuhkannya. Silakan download source code nya dari halaman GitHub.

Download full source code from GitHub

 

LEAVE A REPLY