Mengulik sejarah Manchester United, ada satu cerita dimana keberadaan klub ini tak lepas dari cerita seekor anjing Saint Bernard.

Cerita ini terjadi pada tahun 1901, Manchester United saat itu masih bernama Newton Heath dan sedang mengalami krisis keuangan.

Dalam rencana membenahi masalah keuangan, Newton Heath menggelar sebuah bazar. Dalam kegiatan bazar tersebut terselip sebuah aksi atraksi dari seekor anjing Saint Bernard bernama Major. Major ini adalah anjing milik sang kapten Harry Stafford.

Saat acara bazar tersebut berlangsung Major tiba-tiba menghilang. Selama beberapa hari Stafford mencarinya dan akhirnya mengetahui bahwa ternyata Major berada bersama seorang pengusaha lokal bernama John Henry Davies.

Disaat bersamaan ternyata Davies sedang menginginkan anjing tersebut untuk putrinya. Mendengar hal tersebut Stafford bersedia melepas Major kepada Davies dengan syarat Davies membantu keuangan Newton Heath

Pada saat itu Davies setuju untuk membantu melunasi segala hutang milik Newton Heath dan selanjutnya secara rutin membantu keuangan untuk transfer pemain ataupun membangun infrastruktur hingga berkembang. Dengan kata lain John Henry Davies menjadi Chairman yang pada akhirnya mengganti nama Newton Heath menjadi Manchester United pada tahun 1902.

saint-bernard-major-manchester-united

Newton Heath kini berubah menjadi sebuah klub sepakbola besar bernama Manchester United. Jika saat itu tidak ada Major mungkin saja saat ini tak ada cerita Manchester United…

LEAVE A REPLY