Cerita Manchester United berawal pada tahun 1878, ketika itu klub tersebut bernama Newton Heath LYR. Nama ini bukan lain karena klub ini berisi pemain yang merupakan para pekerja perusahaan kereta Api Lancashire dan Yorkshire Railway. Saat itu mereka memiliki markas di sebuah lapangan yang berada di North Road.

Awalnya mereka hanya bertanding antar tim yang berisi dari sesama para pekerja perusahaan Lancashire dan Yorkshire ataupun tim dari pekerja perusahaan lain. Barulah pada tahun 1885, Newton Heath LYR mengikuti sebuah turnamen yang bernama Manchester Cup. Pada tahun kedua mereka berhasil menjadi juara pada turnamen tersebut.

Meskipun bagus berkiprah di liga lokal, namun Newton Heath LYR ternyata belum cukup bagus untuk masuk ke Football League yang dibentuk pada tahun 1888. Newton Heath LYR harus menunggu hingga tahun 1892 untuk masuk dalam liga tersebut.

Pada tahun yang sama Newton Heath LYR memisahkan diri dari perusahaan kereta api dan menghapus LYR dari nama resmi mereka. Walaupun begitu hubungan antara klub dan perusahaan tersebut masih sangat erat, mengingat sebagian besar pemain dari klub adalah karyawan dari LYR.

newton-heath-lyr-manchester-united
Newton Heath in 1890, during their first season in the Football Alliance. via manutd.com

Tahun pertama masuk Football League menjadi hal yang tidak menyenangkan, mereka finish di urutan paling belakang dan harus menjalani pertandingan melawan Small Heath untuk dapat bertahan pada liga tersebut. Untungnya pada pertandingan itu, Newton Heath berhasil menang dan berhak bertahan di First Division.

Pada tahun 1893-1894, Newton Heath akhirnya harus rela terdegradasi ke Second Division setelah gagal mempertahankan peluang untuk bertahan di First Division karena kalah 0-2 dari Liverpool pada laga playoff.

Newton Heath yang mengalami krisis keuangan pada tahun 1900 juga mengalami penurunan performa di lapangan, bahkan pada tahun 1901 Newton Heath hanya mampu berada di posisi kesepuluh.

Adalah seorang pengusaha asal Manchester, John Henry Davies. Davies dan beberapa pengusaha lainnya adalah sang penyelamat Newton Heath dari kebangkrutan. Dilaporkan bahwa saat itu klub mendapatkan bantuan dana sebesar 2000 poundsterling, jumlah yang sangat cukup untuk membawa Newton Heath lepas dari jurang keterpurukan.

Hingga akhirnya, pada tahun 1902 sekitar bulan April, Newton Heath resmi mengganti nama mereka dengan Manchester United Football Club dan pada saat itu Davies lah yang menjadi sosok presiden klub.

Manchester United pada tahun 1902
Manchester United pada tahun 1902

Demikianlah cerita sejarah nama klub sepakbola Manchester United. Ikuti dan simak Cerita sepakbola lainnya pada halaman ini.

Ternyata Pendiri FC Barcelona Adalah Seorang Warga Swiss

 

pustaka : manutd.com;wikipedia.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY