GULANGGULING.COM | INFORMASI – Akhir-akhir ini saya sering sekali mendengar kata Petahana disebut-sebut di media televisi. Kata ini sering muncul seiring dengan berita ramainya pemilihan umum PILKADA Gubernur Jakarta.

Kata “petahana” muncul bersama kata seperti “calon petahana“, ‘kandidat pasangan petahana‘ dll. Namun apa sih sebenarnya arti dari kata petahana, apakah memiliki arti khusus?

Dari hasil pencarian kami, kata petahana ini berasal dari kata “tahana”, yang berarti sebuah kedudukan. Penggunaan arti istilah ini biasa digunakan dalam kaitanya dengan pemilihan umum. Kata petahana ini diistilahkan sebagai pejabat yang sedang memangku jabatan saat pemilihan sedang berlangsung.

Sebagai contoh saat ini pada pemilihan PILKADA Jakarta, pihak yang disebut sebagai kubu petahan adalah kubu bapak Basuki (ahok).

Contoh lainnya adalah pada Pemilihan umum Presiden Indonesia 2009, Susilo Bambang Yudhoyono adalah petahana, karena Beliau adalah presiden yang sedang menjabat pada saat pemilihan umum untuk presiden selanjutnya.

Secara sederhana istilah “petahana” ini digunakan untuk merujuk kepada kandidat calon yang masih memegang jabatan kekuasaan.

Kami kutip sebuah info grafik mengenai pengertian kata petahana seperti gambar dibawah ini:

Gambaran Pengertian Kata Petahan
Gambaran Pengertian Kata Petahan via beritagar

Semoga dengan sedikit gambaran diatas, saya dan Anda mulai mengerti kata petahana yang sering muncul pada berita-berita baik media televisi, cetak, media sosial dan sebagainya.

Sekian,…

PS: kadang-kadang saya mengira kata petahana ini terdengar seperti kata pertahanan atau pertanahan, tapi ternyata bukan. 🙂

 

1 COMMENT

  1. haha berarti ampir sama dong om, saya kira dulu juga ada hubungannya sama pertahanan 🙂
    tapi setelah diberita terus2an disebut petahana akhirnya saya tebak artinya sama dengan incumbent

LEAVE A REPLY