Cara memperbaiki gagang pintu yang lepas

2963

image

Biasanya gagang pintu lepas karena gaya tarik yang terlalu keras atau kurang pas, gagang pintu terlepas ini sering terjadi pada pintu yang memang agak berat untuk dibuka atau gagang yang memang sudah berusia cukup lama. Gaya tarik yang tidak pas tersebut mengakibatkan salah satu gagang pintu lepas dari pasangan gagang lainnya, duh kasihan ya mereka terpisahkan..halah.

Nah, untuk memperbaiki kondisi gagang yang lepas ini sebenarnya mudah, tinggal beli yang baru kemudian pasang, lalu jadi deh. Gak repot, simple tapi ga kreatip alias pakai dana hahaha. Kali ini saya tidak begitu saja memutuskan untuk beli baru, saya mau mencoba sedikit kreasi alias ngakali atau yang biasa dikenal dalam bahasa londonya itu Do it Yourself.

Konsep ngakali yang saya pakai sebenarnya berusaha membuat kencang bagian besi yang dimasukan kedalam gagang. Cara yang saya ingin lakukan dengan memasukan/ menyisipkan sejenis kawat kecil kesela sela lobang gagang agar menjadi lebih kencang.

 

image

Pralatan yang dibutuhkan antara lain:

  1. Kawat kecil ( bendrat ), dipotong kecil untuk dimasukan disela lobang besi pada gagang ( lihat gambar )
  2. Palu atau pemukul untuk memukul masuk besi ke dalam lobang, ini diperlukan karena setelah disisipi kawat maka untuk memasukan gagang dibutuhkan sedikit tenaga untuk memukul masuk.
  3. Obeng, untuk membuka bagian baut yang dibutuhkan.
  4. Tang, untuk memotong kawat bendrat.

 

 

imageCara memperbaiki gagang pintu adalah sebagai berikut: Masukan kawat bendrat disela lobang gagang, kemudian pukul secara perlahan sampai kawat dan besi masuk. Setelah masuk pastikan itu sudah kencang. Nah dengan begitu maka otomatis gagang tidak akan lepas lagi dan siap untuk dipakai.  Nah cuma gitu doang bro, gampang tho? Sip thoo ? Oooiya, Cara ini adalah cara saya sendiri lho dan mungkin ini bukanlah cara yang benar, tapi cara ini berhasil pada kasus saya. Jadi bila ada kesalahan karna turorial ini bukan tanggungjawab saya lho ya..hehe sekian dulu yak… Selamat berkreasi bro! Salam bahagia 🙂

Baca juga :

 

2 COMMENTS

  1. Kreatif idenya, biasanya kalau rusak sy ganti baru tapi abis baca artikel ini kayanya harus coba benerin dulu 🙂

LEAVE A REPLY