Cara Membuat Splash Screen Pada Aplikasi Android

GULANGGULING.COM | Hae gaes. Kali ini kami akan berbagi bagaimana membuat splash screen pada aplikasi Android. Apa itu splash screen?

A splash screen is a graphical control element consisting of a window containing an image, a logo, and the current version of the software. A splash screen usually appears while a game or program is launching. – Wikipedia

Splash screen adalah sebuah halaman yang berisi gambar atau logo atau semacam tulisan nama dari aplikasi dan biasanya akan muncul ketika aplikasi itu pertama kali dijalankan. Ya bisa diistilahkan sebagai welcome screen lah.

Kegunaan splash screen ini selain untuk mempercantik atau memperjelas identitas aplikasi, terkadang splash screen ini juga digunakan sebagai waktu tunggu ketika aplikasi sedang melakukan unduh/download file.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tentang cara membuat splash screen ini. Splash screen yang akan kita buat ini cukup sederhana, kita akan membuat sebuah halaman sederhana berisi logo, text dan akan muncul beberapa saat ketika aplikasi pertama kali dijalankan.

Mari kita mulai, ada dua file yang perlu kita buat untuk membuat splash screen antara lain Splashscreen.java, activity_splash.xmlSelain itu kita hanya perlu menyiapkan gambar sabagai logo dan sebuah nama untuk aplikasi yang akan kita buat.

Pertama, kita buat layout untuk halaman splash screen, activity_splash.xmlFile ini berisi kode sebagai layout, berisi deskripsi nama aplikasi dan logo sebagai identitas.

Selanjutnya, kita akan membuat file java dengan nama Splashscreen.java yang berisi kode fungsi untuk menampilkan dalam durasi tertentu sebelum selanjutnya membuka activity lainnya.

Pada dasarnya kita telah berhasil membuat splash screen, selanjutnya hanya perlu menambahkan activity pada file manifest. Contohnya seperti dibawah ini :

Sampai disini kita sudah selesai membuat splash screen pada aplikasi Android. Jika Anda belum jelas dengan tutorial ini silakan download source code pada github.

Selamat mencoba!

Download full source code GitHub

 

Baca tutorial Android lainnya pada halaman ini.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY