Pantai Sarangan – Gunung Kidul

152

GULANGGULING.COM | Jalan-jalan – Pantai! Siapa yang tidak suka ke pantai? Pada umumnya, orang menyukai wisata pantai karena identik dengan rasa rileks. Ya, di pantai kita bisa memandang laut tak berujung, dan rasanya kita hanyalah manusia kecil. Dan tentu saja menghabiskan waktu di pantai identik dengan tempat melepas penat dan stres hidup sehari-hari. Benar, kan?!

Wisata pantai di Yogyakarta mempunyai banyak sekali pilihan. Dan wisata pantai yang sedang populer belakangan ini adalah wisata pantai di daerah Gunung Kidul. Ya, pantai-pantai di daerah Gunung Kidul yang berjejer-jejer ini mempunyai karakter yang berbeda dengan pantai-pantai di daerah Bantul. Pantai-pantai di daerah Gunung Kidul berpasir putih, dan ombaknya relatif tenang dibandingkan dengan ombak pantai selatan yang besar.

Dari banyaknya deretan pantai yang memang letaknya berjejeran di Gunung Kidul ini, salah satunya adalah Pantai Sarangan. Pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Krakal, tepatnya di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sarangan dan Pantai Krakal hanya dipisahkan dengan bukit karang yang tidak begitu tinggi mungkin tingginya hanya sekitar 3-4 meter.

Sekilas memandang, pantai Sarangan tampak tidak jauh beda dengan pantai Krakal, banyak orang yang mengira bahwa pantai ini masih bagian dari Pantai Krakal namun ternyata bukan. Jika pantai Krakal bentuknya lurus memanjang, namun pantai Sarangan bentuknya agak melengkung. Pantai Sarangan berbentuk seperti teluk kecil yang melengkung dengan garis pantai yang relatif pendek kurang lebih hanya sekitar 200 meter. Pantai Sarangan mempunyai struktur batu karang yang berbatu besar pada bagian barat pantai, sehingga jika ingin bermain air di pantai ini diharapkan untuk lebih hati-hati, terutama jika membawa si kecil.

Jika berkunjung ke Pantai Sarangan, jangan lewatkan menikmati pemandangan pantai dari atas tebing. Disebelah timur pantai ini terdapat tebing yang sudah dilengkapi dengan anak tangga sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan indah pantai dari atas tebing. Dari atas tebing ini, pantai-pantai lain disekitar Pantai Sarangan bisa terlihat, antara lain Pantai Krakal, Pantai Sadranan dan Pantai Sundak.

Fasilitas umum di Pantai Sarangan sendiri sudah terbilang memadai. Beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan antara lain kamar mandi, tempat ibadah dan warung penjaja makanan dan minuman ringan.

Nah, tambah satu lagi kan list wisata pantai kita. So, selamat berwisata dan menghabiskan quality time bersama orang-orang tercinta. Jangan lupa, buanglah sampah di tempat sampah! Stay save, people!

Sumber:
Catatan Nobi, Jogjalan

LEAVE A REPLY