GGDC Kuliner: Gudeg Sagan

397
Gudeg Sagan via gulangguling.com

GULANGGULING.COM |  Kuliner – Gudeg! Makanan khas Yogyakarta. Dan belum lengkap bila berkunjung ke Jogja tanpa menikmati gudeg. Tentunya olahan gudeg tidak hanya menjadi monopoli satu pihak saja, tapi banyak jenis gudeg yang ditawarkan di segala penjuru Jogja, yang cita rasanya tentu saja berbeda-beda. Salah satunya yang dikenal luas adalah gudeg a la Gudeg Sagan.

Dinamai “Gudeg Sagan” karena kedai gudeg yang satu ini memang terletak di Jalan Prof. Herman Yohanes No. 53 Yogyakarta atau yang lebih dikenal sebagai Jalan Sagan dari awal pertama didirikan. Pada awal dibuka tahun 2003, kedai gudeg ini dulunya hanya bergaya lesehan di pinggir jalan dan buka malam hari, tempatnya pun kecil. Namun banyaknya peminat juga lambat laun membuat kedai gudeg ini bertambah besar. Kini, Gudeg Sagan bisa dinikmati tidak hanya malam hari saja, namun buka dari jam 12 siang hingga jam 12 malam.

gudegsagan2
Nasi Gudeg Krecek Ampela Ati

Walaupun begitu, menurut pendapat saya pribadi, waktu yang paling tepat untuk menikmati Gudeg Sagan ini adalah malam hari. Selain sajian gudegnya yang memang lezat, suasana dari kedai gudeg ini juga cukup romantis untuk makan malam. Gudeg Sagan membuat suasana segar dengan adanya live music dari home band yang memainkan lagu-lagu lawas namun segar di telinga. Dan setting tempat makannya yang terbuka sangat membuat betah pengunjung (meskipun saat ini disediakan juga area indoor).

Nasi Gudeg Krecek Paha
Nasi Gudeg Krecek Paha

Berbeda dengan gudeg pada umumnya yang menggunakan nangka muda saja, gudeg di Gudeg Sagan menyajikan olahan nangka muda yang dicampur dengan daun singkong. Gudegnya disajikan basah, tidak kering. Gudeg Sagan sendiri mengklaim bahwa sajiannya tanpa vetsin dan penyedap, dan daging ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Rasanya sangat memanjakan lidah, kelezatan yang berbeda dengan gudeg a la Wijilan ataupun Barek.

Selain menyediakan gudeg, kedai makan ini juga menawarkan menu lain seperti siomay dan makanan lain. Dan selain menikmati gudeg dengan nasi, pengunjung juga bisa menikmati seporsi gudeg dengan bubur. Harga yang ditawarkan untuk menikmati seporsi gudeg ini bervariasi, tergantung dari lauk yang kita pilih. gudegsagan1

Variasi gudeg Jogja memang menggoda untuk dicicipi satu persatu. Nah, silakan yang penasaran, langsung saja mengunjungi Gudeg Sagan dan nilai sendiri rasanya menurut lidah masing-masing. Salam kuliner ceria!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY