Rambut Jagung Bantu Obati Diabetes

154
Gambar Jagung
Gambar Jagung via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Kesehatan – Diabetes. Satu kata yang cukup menyeramkan ya? Kenyataannya, diabetes adalah salah satu penyakit yang menghantui banyak orang. Karena diabetes adalah penyakit jangka panjang yang sampai saat ini masih sulit untuk disembuhkan secara total. Diabetes sendiri ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi. 

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit kronis yang sulit disembuhkan secara total. Sepanjang hidupnya, penderita diabetes harus menjaga kadar gula di dalam darah (glukosa) tidak melebihi batas aman. Merujuk pada alodokter, diabetes bisa terjadi karena penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak maksimal atau tubuh mulai menjadi kurang peka terhadap insulin. Dan reaksi ini dikenal dengan istilah resistansi terhadap insulin.

Diabetes dikenal sebagai penyakit yang menyerang orang-orang berusia di atas 40 tahun. Tetapi sekarang ini, banyak orang dengan usia muda, bahkan anak-anak yang juga mengidap diabetes karena pola makan yang buruk. Konsumsi junk food, atau makanan instan adalah salah satu penyumbang seseorang mengidap diabetes, selain juga faktor keturunan.

Baru-baru ini penelitian menemukan bahwa rambut jagung ternyata dapat membantu mengobati diabetes. Penelitian yang dilakukan oleh siswa SMU 1 Kudus menemukan bahwa rambut jagung berhasil menurunkan kadar glukosa dalam darah sampai 1,02 persen selama 30 menit pertama dan 3,22 persen setelah 1 jam.

Ternyata rambut jagung mengandung banyak zat bermanfaat bagi tubuh. Dari beberapa penelitian yang berasal dari BPPT tahun 2005 telah menemukan bahwa di dalam rambut jagung terdapat kandungan manfaat antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan β- karoten. Selain itu juga terdapat metabolit sekunder lain yang ditemukan dalam rambut jagung seperti zat samak, minyak atsiri, minyak lemak, alantoin, zat pahit, maysin, β- sitosterol, hordenin, geraniol, mentol, limonen, serta viteksin.

Untuk mengkonsumsi rambut jagung tersebut sendiri cukup gampang mengolahnya. Rambut jagung dapat diolah menjadi teh. Cukup dengan merebus kira-kira 50 gr rambut jagung dengan dengan ditambah 2 gelas air putih, tunggu hingga dingin dan minum air rebusan rambut jagung ini 2 kali satu hari dengan teratur untuk mengontrol gula darah pada badan anda. Untuk perasa bisa ditambah 1sdm madu, atau perasan jeruk lemon.

Nah, cukup mudah kan. Salam sehat!

Sumber:
alodokter, kemenlh, akusehatku, manfaat.co

 

LEAVE A REPLY