Pantai Parangtritis

72
Pantai Parangtritis via gulangguling.com

GULANGGULING.COM | Jalan-jalan – Aloha, amigos! Sudah kemana sajakah di Yogyakarta? Sudah menjelajah ke bagian utara Yogya? Yuk hari ini kita main ke pesisir selatan kota Yogyakarta. Yap, yuk kita ke pantai Parangtritis.

Meskipun banyak pantai-pantai baru yang menawarkan keindahan panorama, pantai Parangtritis tidak pernah kehilangan pamor. Ya, Parangtritis masih memegang predikat sebagai pantai yang paling populer di Yogyakarta. Parangtritis memang tidak pernah sepi dari pengunjung lokal maupun pengunjung dari luar kota. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.

Pantai Parangtritis adalah pantai yang ramah pengujung, alias pengunjung bisa bebas bermain-main di sepanjang pantainya. Konstruksi pantainya yang landai membuat pengunjung bisa aman bermain meskipun memang ombak yang datang relatif besar. Tetap pengunjung harus selalu menjaga ketertiban untuk tidak berenang terlalu jauh untuk menghindari resiko terseret ombak.

Main pasir dan main ombak di Parangtritis.
Main pasir dan main ombak di Parangtritis.

Fasilitas pendukung yang ada di pantai ini juga memudahkan pengunjung. Dari area parkir yang sekarang dibangun dekat dengan pantai, banyak juga tersedia kamar mandi air tawar untuk pengunjung membersihkan diri. Apabila pengunjung tertarik untuk bermalam, banyak alternatif penginapan sesuai dengan budget masing-masing.

Selain bermain dengan ombak, pengunjung juga bisa mencoba sensasi naik kuda atau naik kereta kuda. Tarif menunggangi kuda untuk sekali putaran adalah IDR 50,000. Sementara tarif naik kereta kuda atau bendi adalah IDR 30,000 sekali putaran. Pengjung bisa juga berkeliling sekitar pantai dengan naik ATV, tarifnya adalah IDR 50,000 per 15 menit. Untuk masuk Parangtritis sendiri pengunjung dikenai retribusi IDR 5,000 per person.

Naik bendi di Parangtrits.
Naik bendi di Parangtrits.

Di sepanjang pantai juga disediakan payung-payung peneduh lengkap dengan tikar yang bisa disewa pengunjung dengan harga IDR 25,000. Sambil menunggu anak-anak bermain Anda bisa memesan kelapa muda yang menyegarkan. Jangan lupa untuk selalu waspada mengawasi keluarga kita, dan juga menjaga diri masing-masing. Dan yang paling penting, jangan lupa buanglah sampah pada tempat sampah yang sudah tersedia. Mari jaga kebersihan, selamat piknik!

Bingung mau piknik kemana lagi, yuk lihat yang ini:

LEAVE A REPLY