Gembira di Gembira Loka Zoo

220
Gambar Gembira Loka

Hidup dan bertempat tinggal di kota Jogja ini memang mengasyikkan. Kenapa? Spot rekreasinya banyak! Mau ke gunung, monggo. Santai di pantai, hayuk. Jalan ke mall, mari. Nongkrong asik di malioboro, ayo. Menikmati museum, banyak. Satu lagi, mau lihat flora fauna, yuk kita main ke Gembira Loka!

Kebun binatang Gembira Loka berada di daerah Kotagede Yogyakarta. Akses menuju tempat ini mudah dan dapat dicapai dengan mengunakan angkutan umum yang tersedia. Merujuk via website resminya, dapat dilihat bahwa ide pembangunan kebun raya dan kebun binatang Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 akan sebuah tempat hiburan, yang di kemudian hari dinamakan Kebun Rojo, yang sampai saat ini dibuka untuk masyarakat umum. Maksud dan tujuan didirikan kebun binatang ini seperti tertuang dalam akta pendirian, mengadakan kebun binatang dan tempat hiburan yang sehat bagi masyarakat, sekaligus bermanfaat untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan.

Beberapa fauna di Gembira Loka
Beberapa fauna di Gembira Loka

Gembira Loka sendiri mengalami perkembangan yang cukup pesat beberapa tahun belakangan ini. Rebranding logo menjadi Gembira Loka Zoo, menambah fasilitas dan menambah koleksi satwa ternyata memang membuat tempat ini menjadi semakin menarik. Berbagai macam satwa mulai dari golongan mamalia, reptilia, aves, pisces, dan amfibia bisa dilihat di kebun binatang ini. Selain melihat berbagai macam satwa yang ada, kita juga bisa mencoba menunggangi satwa pilihan seperti onta dan gajah. Anak-anak juga bisa bermain dan mengenal satwa air di kolam tangkap dan kolam sentuh yang memang disediakan untuk pembelajaran. Ada banyak wahana permainan untuk keluarga dan anak juga untuk dinikmati. Ada juga museum yang memfasilitasi pengunjung untuk bisa mengetahui lebih banyak mengenai flora dan fauna Indonesia.

Museum alam beserta isinya.
Laboratorium alam beserta isinya.

Tiket masuk Gembira Loka sendiri adalah Rp 25,000 per person. Tiket dikenakan untuk usia >3 tahun. Anda bisa memilih untuk berjalan santai berkeliling kebun binatang, atau apabila Anda merasa lelah, anda bisa menaiki kereta TARING atau transportas keliling. Ada dua pilihan tiket untuk pengunjung, yaitu multi setop dan sekali setop. Dengan membayar Rp 20,000 Anda akan mendapatkan tiket multi setop dan bisa bebas naik berkeliling dan menaiki perahu keliling danau. Atau Anda juga bisa membayar Rp 5,000 untuk mendapatkan tiket sekali setop.

Baca juga jalan-jalan ke Museum Kolong Tangga.

Nah, begitulah informasi yang bisa kami share pada khalayak ramai. Jalan-jalanitu gak harus jauh kok. Tapi harus sama orang yang disayang, pasti rasanya memorable dan gak bakal lupa. Yok kita yok, jalan-jalan!

Baca juga jalan-jalan lainnya :

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY