Wisata Alam di Plunyon, Kalikuning

Aliran Kalikuning yang terlihat dari jembatan.

GULANGGULING.COM | Jalan-jalan – Menjelajahi tempat wisata di bagian utara Jogja memang banyak menawarkan wisata alam. Bukan hanya kawasan Kaliurang saja lho, tapi kita bisa sedikit bergeser ke sebelah timur menuju kawasan Cangkringan, tepatnya di Plunyon, Kalikuning.

Pemandangan gunung Merapi dari jembatan Plunyon, Kalikuning

Masih di kawasan lereng Merapi, Plunyon, Kalikuning merupakan daearah wisata yang berupa perbukitan dan aliran sungai yang curam ditumbuhi banyak pohon pinus. Obyek wisata ini masuk ke wilayah Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Plunyon adalah salah satu tempat yang terdampak besar ketika terjadi erupsi Merapi pada tahun 2006 dan 2010. Plunyon pada waktu itu terkena sapuan awan panas dan merusak semua ekosistem termasuk sungai dan pepohonannya. Namun sekarang ini, Plunyon kembali hijau dan menjadi salah satu destinasi wisata alam.

Menawarkan panorama yang indah dan udara yang sejuk. Di Plunyon juga terdapat sungai yang cukup aman untuk bermain air. Air yang mengalir di Kali Kuning tersebut berasal dari Umbul Wadon yang ada di bagian atas Plunyon. Kawasan ini sendiri dulunya ramai digunakan sebagai tempat camping, namun sekarang lebih banyak dituju sebagai destinasi pesepeda. Selain itu, tempat ini juga cukup populer untuk melakukan foto prewedding.

Curug kecil di Kali Kuning, menambah keseruan bermain air.

Untuk masuk ke kawasan Plunyon, hanya dikenai biaya parkir saja. Selebihnya kita bisa free menikmati keindahan alam dan kesejukan suasananya.

Beberapa tips untuk kamu yang ingin berkunjung ke Plunyon, Kalikuning:

  1. Datanglah pada pagi hari. Selain sinar matahari belum terlalu menyengat, kamu juga bisa melihat pemandangan gunung Merapi secara utuh dah bersih sebelum tertutup awan.
  2. Gunakan pakaian dan sepatu atau sandal yang nyaman untuk beraktivitas. Apalagi kalau kamu berencana untuk bermain air di sungai.
  3. Untuk keluarga yang membawa anak-anak, sebaiknya awasi anak-anak. Tidak ada salahnya untuk membawa baju ganti dan pelindung kepala seperti topi untuk melindungi anak-anak.
  4. Siapkan snack dan minuman, karena tentu saja perut lapar setelah berpetualang.
Jembatan Plunyon jika dilihat dari bawah.

Sepertinya memang perbaikan terus dilakukan di kawasan ini untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Karena memang untuk fasilitas toilet masih sangat kurang.

Untuk mencapai daerah Plunyon, kamu bisa lihat di peta ini!

Oke, selamat berpetualang Gaes!

Utamakan selamat, dan jangan buang sampah sembarangan ya!

LEAVE A REPLY