Kenapa Tidak Bisa Update Aplikasi Android ?

111

GULANGGULING.COM – Pernah mengalami ini ? Sering kali para user aplikasi Android mengalami ini, untuk yang sudah terbiasa dengan teknologi tentu hal ini menjadi hal sepele. Namun tidak untuk para user yang awam dengan teknologi, contohnya : Para orang tua kita.

Bagi kalian yang orang tuanya pakai Aplikasi Android, hal ini pasti cukup sering terjadi, kadang mereka mengeluh “ini kenapa ya hp bapak ga bisa update aplikasi?” atau “Hpnya tidak bisa untuk foto, katanya kepenuhan?”. Nah pertanyaan-pertanyaan ini cukup sering ditanyakan kepada saya, tidak cuma orang tua yang tanya, kadang om, pakdhe juga bertanya soal ini. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah : Tidak bisa update aplikasi Android; Tidak bisa mengambil foto; Tidak bisa melakukan screenshot; Tidak bisa download file dll.

Well, kali ini saya tulis di sini dengan tujuan Anda-anda yang kebingungan soal ini juga mendapatkan sedikit pencerahan dari tulisan ini.

Ada beberapa yang harus diperhatikan jika mengalami masalah “tidak bisa update aplikasi di Android”. Biasanya masalah utamanya adalah Storage. Apa itu storage? ialah tempat penyimpanan data pada ponsel Android, baik berupa photo, video, aplikasi, data chating dll.

Untuk dapat melakukan update aplikasi Android, anda sebaliknya melakukan beberapa poin. Pertama, check kapasitas penyimpanan (storage) Anda. Caranya : buka pengaturan -> storage. Jika Anda mendapati tempat penyimpanan Anda habis, maka lakukan penghapusan file. Kenapa dihapus? karena penyumbang masalah storage habis itu karena kebanyakan file yang disimpan. Lalu file apa yang perlu dihapus? File apa saja, yang penting sudah tidak berguna, misalnya foto tau video kiriman dari chat WhatsApp, silakan pilih-pilih file yang kamu mau simpan saja, selain itu hapuslah dengan segera.

Selain menghapus file foto dan video, apalagi yang bisa dilakukan agar storagenya bisa longgar? periksa jumlah aplikasi yang Anda gunakan, jika ada aplikasi yang dirasa tidak perlu, maka buang atau uninstall saja. Ini sering kali terjadi pada pengguna yang tidak terlalu aware terhadap hpnya, terkadang banyak aplikasi yang tak berguna bersemayam di hape tanpa pernah digunakan.

Lalu hapus cache. Bukalah menu pengaturan->storage, biasanya ada file cache. Jika ketemu tulisan cache maka klik saja, kemudian ada pertanyaan untuk hapus, lakukan penghapusan untuk mengurangi jumlah penyimpanan.

Selanjutnya gunakan SD card external, Beruntunglah bagi Anda pemilik hape yang memiliki slot external, karena dengan external slot ini Anda dapat memindahkan file penting ke sana. Media penyimpanan external ini sangat bermanfaat untuk mengurangi penyimpanan agar dapat melakukan update aplikasi Android.

Jika kalian telah melakukan beberapa poin di atas, namun ruang penyimpanan Anda masih habis, maka ada baiknya mulai melakukan sortir pada file foto/video yang ada di Galeri. Memang sayang untuk dibuang, namun saran saya demi kenyamanan hape maka Anda harus memilih-milih file mana yang ingin disimpan dan dibuang. Jika memang sayang untuk dibuang, maka sebaiknya dipindahkan ke device lain, seperti USB atau Hardisk External.

Nah itu kira-kira tips dari saya, semoga bermanfaat. Jika kamu punya ide lain tentang bagaimana agar dapat melonggarkan storage pada Android silakan ini pada kolom komentar di bawah.

Sekian dan semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY