Berkenalan dengan Apa dan Bagaimana Tanda Tangan Digital

33
ilustrasi tangga tangan digital
ilustrasi tangga tangan digital

Belum lama ini saya mengikuti sebuah acara seminar yang di dalamnya terdapat penyampaian materi mengenai digital signature atau yang dalam bahasa kita disebut dengan tanda tangan digital. Ini merupakan materi baru bagi saya, dan dalam tulisan ini saya akan mencoba berbagi kepada Anda, siapa tau ini bisa menjadi pengetahuan tambahan.

Saya akan mencoba menggambarkan bagaimana konsep sederhana dari Proses Penanda tanganan file digital ini. Pada awalnya seseorang yang akan melakukan tanda tangan digital harus memiliki file berekstensi p12 yang menjadi kunci atau signature, file tersebut didapatkan dari lembaga Certification Authority penyedia tanda tangan digital.

Dalam acara tersebut saya diperkenalkan dengan govca.id yang merupakan penyelengaraan sertifikat elektronik dari pemerintah, sayangnya govca.id ini konon hanya menyediakan layanan tanda tangan digital untuk para ASN/PNS. Sementara untuk yang swasta kita bisa menggunakan jasa seperti privy.id, dan tentu ada harganya.

Teknis Tanda Tangan Digital :
Secara sederhana ( bahasa saya ), melakukan tanda tangan digital adalah menempelkan tanda tangan berupa file p12 yang didapat dari lembaga CA ke file yang kita ingin tanda tangani.

Untuk melakukan tanda tangan digital kita perlu tools atau aplikasi yang dapat melakukannya, salah satunya adalah Adobe Reader atau bisa juga menggunakan aplikasi Android yang diluncurkan oleh Direktorat Keamanan Informasi SivionPDFSigner. Dan tentunya aplikasi lainnya yang sudah support untuk melakukan proses penandatanganan digital.

Oh ya file p12 yang kita dapat itu terproteksi oleh password yang sudah semestinya hanya pemilik yang tau, jadi setiap kali melakukan proses penandatanganan akan selalu ditanya password tersebut. Hal ini tentu akan aman, selama password tersebut tidak dibagikan kepada orang lain. (harusnya sih ngga dibagikan sih ya)

Bagaimana cara verifikasi file yang memiliki tanda tangan digital secara resmi ?
Kita butuh tools/ aplikasi untuk membantu melakukannya, aplikasi Android yang saya sebut di atas sudah memiliki fitur untuk pengecekan informasi tanda tangan digital dalam sebuah file dokumen. Selain itu pada website govca.id juga terdapat fitur secara online untuk membantu pengecekan informasi tanda tangan digital.

Verifikasi Tanda Tangan digital menggunakan aplikasi Android
Verifikasi Tanda Tangan digital menggunakan aplikasi Android

Contoh informasi file pdf yang telah ditanda tangani seperti di atas . File tersebut saya tanda tangan menggunakan aplikasi Android, dan file p12 yang saya dapatkan adalah prototipe, jadi memang masih terbaca “sertifikat tidak terpercaya” karena ini file prototipe.

Nah kira-kira begitulah sedikit informasi mengenai tanda tangan digital secara sederhana, semoga ini menjadi informasi tambahan untuk kita semua. Jika ingin tau lebih lanjut mengenai gambaran bagaimanakah tanda tangan digital ini, silakan simak SiVION Indonesia yang menjelaskannya dalam sebuah video.

 

Selanjutnya, baca artikel mengenai bagaimana cara melakukan tanda tangan digital pada file pdf dengan aplikasi Adobe Reader.

LEAVE A REPLY