Pengalaman Perpanjangan SIM di Jogja City Mall (JCM)

1513

Akhirnya berkesempatan lagi mengisi blog yang sudah cukup lama kosong ini. Ternyata menulis terus-terusan juga tidak mudah, terlebih kalau tujuannya sudah tentang trefik visitor. Huhf…mengejar trefik memang tak ada habisnya. Well, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman melakukan perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi) di Jogja City Mall atau JCM.

Proses perpanjangan SIM ini saya lakukan pada pagi hari Sabtu, 7 April 2018. Fyi, Jam pendaftaran layanan SIM corner di Mall JCM ini adalah hari Senin-Kamis jam 10.00-13.45, hari Jum’at jam 11.30-13.00 dan Sabtu pukul 10.00-11.45. Setiap harinya disediakan 100 lembar formulir pendaftaran, oleh sebab itu sangat saya sarankan untuk datang sebelum dari jam 10.00.

Syarat-syarat perpanjangan SIM

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan perpanjangan SIM adalah sebagai berikut :

  1. SIM Asli dan fotokopi 2 lembar
  2. KTP Asli dan fotokopi 2 lembar
  3. Surat keterangan dokter (di lokasi sudah ada dokternya, jadi ngga usah repot periksa sendiri).
  4. Perpanjangan SIM di Jogja City Mall ini akan menerima SIM yang didaftarkan 14 hari sebelum masa berlakunya habis. Jadi kalau SIM mu masih 3 atau dua bulan lagi matinya, maka bakal ngga diterima perpanjangannya. Dalam prakteknya ketika kemarin saya mendaftar untuk yang usia SIM nya satu bulan lagi masih bisa diterima.
  5. Yang terakhir siapkan Ball poin atau pulpen, ini fungsinya untuk mengisi formulir.
  6. Oh ya SIM Corner ini hanya menerima perpanjangan SIM yang dikeluarkan di DIY.

Biaya Perpanjangan SIM di JCM berapa?

Berdasarkan pengalaman saya untuk biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp. 80.000 dan Biaya untuk SIM C sebesar Rp. 75.000. Sementara itu untuk biaya dokter yang memeriksa kesehatanmu itu 30.000 per satu permohonan.

Proses Perpanjangan SIM

  1. Ketika sampai di depan kantornya, sialakan kumpulkan fotokopi SIM & KTP masing-masing 2 lembar pada keranjang yang tersedia di meja depan. Jika kantor sudah buka maka petugas akan memanggil nama pemohon sambil meminta untuk menunjukan SIM & KTP asli. SIM dan KTP nantinya akan diminta oleh petugas dan kita akan diberi formulir lalu dipersilahkan untuk mengisi dan menunggu panggilan selanjutnya.
  2. Isi formulir dengan lengkap sesuaikan dengan informasi diri Anda.
  3. Pemohon selanjutnya akan dipanggil oleh dokter untuk diperiksa. Tes kesehatannya berupa pengukuran tensi, mendata berat badan dan tes buta warna. Oh iya, tes buta warnanya ini adalah menebak angka yang terdapat dalam warna, ya seperti tes buat warna pada umumnya. Setelah selesai tes jangan lupa bayar ya gaes, 30.000 untuk per pengajuan, kalau kamu memperpanjang dua sim berarti bayarnya 60.000.
  4. Selanjutnya melakukan pembayaran pada bank terdekat, maksud saya bank yang ada di sana juga. Besar biaya seperti yang tertera di atas, 80.000 untuk SIM A dan 75.000 untuk SIM C. Setelah melakukan pembayaran selanjutnya kita akan diberi nomer antrian lagi untuk pengambilan foto.
  5. Setelah sampai pada nomer urut Anda, maka silakan menuju ke bagian pengambilan foto. Selain berfoto, pada bagian ini Anda akan diminta data sidik jari jempol sampai jari manis, tapi tidak untuk yang jari kelingking. Saya pun tak tau kenapa yang kelingking tidak diminta, ngga sempat nanya. hehe
  6. Setelah seluruh proses selesai, selanjutnya tinggal tunggu SIM nya jadi. Selesai deh.

Saya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menyelesaikan proses perpanjangan SIM ini, namun bisa saja lebih cepat tergantung antrian.

Beberapa hal yang dapat saya sarankan saat melakukan perpanjangan SIM adalah Pertama, datanglah ke JCM sebelum jam 10 (jam buka mall), masuklah dari bagian lobby dan jangan heran Anda akan bertemu banyak orang lain yang juga antre untuk masuk dan menuju SIM Corner. Kedua, siapkan segala keperluan, termasuk fotocopy SIM dan KTP masing-masing dua lembar, siapkan ball poin dan siapkan uang yang cukup untuk administrasi. Selebihnya ikuti prosesnya, tidak susah dan mudah. Sekian dan semoga membantu.

Terima kasih.

 

Incoming search terms:

sim corner jcm.  SIM Corner JCM Sleman Regency Special Region of Yogyakarta.  perpanjang sim jcm.  Jadwal sim corner j.  jam buka perpanjangan sim jcm.  memperpanjang sim di jogja city mall.  mengurus sim di jogja city mall.  perpanjang sim a di jigja.  perpanjang sim di jcm yogyakarta.  perpanjang sim jc.  perpanjang sim kecuali dijcm.  perpanjangan sim di jcm.  perpanjangan sim jcm.  

LEAVE A REPLY