Yang dibelakang ikan badut itu bukan tanaman – Anemon

683

image

Pernah nonton Nemo? Kalaupun belum pasti dah pernah taukan ya. Nah yang akan saya bahas dari gambar diatas bukan si ikan, tapi species yang ada dibelakang ikan tersebut, Anemon. Banyak yang mengira spesies ini merupakan sejenis tanaman bawah laut, dan biasanya disebut dengan Mawar laut. Memang jika dilihat sekilas species ini semacan tanaman bawah laut, tapi sebenarnya species ini termasuk dalam golongan binatang lho gaes. Wow kok bisa ya?

 

Anemon itu binatang, bukan tanaman.
Anemon atau Anemone atau Anemon Laut adalah sejenis hewan yang menyerupai tanaman. Anemon laut merupakan salah satu jenis karang dari filum Cnidaria. Anemon laut adalah binatang invertebrata yang tidak memiliki tulang belakang atau tidak memiliki skeleton pada seluruh tubuhnya. Anemon gemar melekat pada Karang. Anemon laut dab karang ini berasal dari kelas yang sama yaitu Anthozoa. Perbedaan dari keduanya yaitu karang menghasilkan kalsium karbonat, sedankan Anemon tidak. Keistimewaan Anemon adalah Warna – warna dan bentuk tubuhnya yang indah dengan tentakel – tentakel yang berisi udara mampu menarik ikan – ikan hias untuk bermain disela – selanya. Tubuh anemon terdiri dari empat bagian yaitu, keping mulut, badan, pangkal atau dasar dan satu lagi yaitu tentakel.

Ikan badut dan Anemon saling menguntungkan.
Anemon sangat berguna bagi ikan clownfish sebagai tempat berlindung ketika akan diburu oleh ikan lainnya. Caranya dengan berenang diantara anemon yang tentakelnya sangat beracun bagi ikan ikan. Sementara Clownfish terlindungi dari racun dari anemon karena kulit ikan Clownfish ini memiliki lapisan mucus yang membuat ikan ini kebal akan racun dari Anemon. Sebaliknya, Ikan Clownfish juga sangat berguna bagi Anemon untuk melindungi parasit parasit yang berbahaya untuk Anemon.

Anemon juga predator
Selain itu ternyata Anemon juga merupakan hewan predator yang tampak seperti bunga, memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Tubuh dari binatang ini radial semetrik, columnar dan memiliki satu lubang mulut yang dikelilingi oleh tentakel. Tentakel ini dapat melindungi tubuhnya terhadap serangan predator lain dan dapat pula digunakan untuk menangkap makanannya. Anemon laut biasanya memiliki ukuran diameter tubuh 1-4 inchi (2,5-10 cm), tetapi beberapa anemon ada juga yang dapat tumbuh mencapai diameter tubuh 6 kaki (1,8 m). Anemon  pada umumnya berhabitat pada daerah terumbu karang yang dangkal.

Jadi buat yang belum tau, sekarang jadi tau ternyata yang dibelakangnya foto nemo itu adalah hewan bro, bukan tanaman laut. Dibawah ini ada video video Anemon bro. Oke sekian dulu dan semoga bisa nemabah wawasan saya pribadi ataupun buat yang mbaca.

 

Anemon juga bisa renang lho

 

Anemon juga bisa berkelahi lho

 

 

Informasi informasi tulisan ini dari berbagai sumber dibawah:

http://books.google.co.id/books?id=xb8QAgAAQBAJ&pg=PA66&lpg=PA66&dq=Anemon+adalah+hewan

http://matoa.org/anemon-laut-predator-cantik-di-lautan/

http://muhammadahsin.wordpress.com/2009/03/09/nilai-dan-fungsi-anemon-laut-kondisi-dan-potensi-yang-terabaikan/

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Anemon_laut

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Amphiprioninae

http://en.wikipedia.org/wiki/Sea_anemone

http://www.jendela-alam.com/anemon-laut.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Cnidaria

 

LEAVE A REPLY