Kapal USS Sampson

231

Sudah hampir sepekan pesawat Air Asia QZ8501 hilang, sudah banyak juga jenazah yang ditemukan. Melihat berita yang ada ditivi sepertinya para petugas dari pasukan gabungan dari basarnas sudah sangat berusaha keras dalam upaya pencarian para korban dan puing pesawat. Kebetulan saya cukup sering mengikuti berita mengenai hilangnya Air Asia QZ8501 ini. Melihat para petugas gabungan yang bekerja siang dan malam rasanya mereka cukup pantas diacungi jempol. Tak luput dari pantauan negara lain, beberapa negara memberikan bantuan pada proses pencarian korban dan puing. Salah satu negara yang memberi bantuan adalah Amerikat Serikat, tak tanggung tanggung negara tersebut mengirimkan kapal perang mereka, kapal USS Sampson. Kapal ini datang ke Indonesia dan akan berkoordinasi dengan petugas basarnas untuk melakukan proses pencarian.


Kapal USS Sampson merupakan kapal kelas Destroyer dari Angkatan Laut Amerika Serikat. Dengan kata lain, USS Sampson yang terlibat pencarian korban Air Asia QZ 8501 adalah kapal perang. Kapal ini dilengkapi dengan teknologi canggih di dalamnya. Kapal USS Sampson memiliki panjang kurang lebih 155 m dan tinggi sekitar 66 kaki atau 20 meter. Kapal ini dapat melaju dengan kecepatan 55km/jam sehingga cukup cepat dalam bermanufer, selain itu kapal ini dilengkapi dengan dua helikopter Sea Hawk yang jelas akan sangat membantu dalam melakukan evakuasi para korban dari laut.

Konon kapal ini memiliki teknologi sensor yang ampuh untuk mendeteksi objek objek disekitarnya. Kalau dilihat dari persenjataannya kapal ini termasuk dalam kelas elit. USS Sampson membawa tujuh jenis senjata yang beberapa di antaranya adalah torpedo MK50, tabung triple torpedo MK22 , peluncur misil vertical MK41, hingga misil Tomahwak. Wow ga tuh senjatanya? kebayang ga kalau mereka tiba-tiba perang disini? bisa rame itu hahaha (kidding). Yang jelas adanya kapal ini sangat membanut proses pencarian, hal ini terbukti saat kapal baru datang satu hari tapi mereka mampu menemukan 12 jenazah, yang merupakan jumlah terbanyak ditemukan oleh kapal. ah kita kudu matur nuwun sama Amerika nih. Ya apapun itu saya terkesan dengan negara negara yang mau membantu demi sebuah kemanusiaan.

Kalau kamu mau tau tentang profile dari kapal USS Samspon, kamu bisa melihat video dari youtube ini bro.

 

pustaka : wikipedia, tempo.co, kompas.com

gambar : timesofisrael.com, wikimedia.org

LEAVE A REPLY