7 Komponen Merakit Drone Quadcopter

139104

4. Electronic Speed Control (ESC)

esc-quadcopter

Bagian ini merupakan bagian yang cukup penting mengatur kecepatan dari setiap motor. ESC ini biasanya akan otomatis mengatur kecepatan atau arus ke setiap motor. Praktek sederhananya adalah ketika posisi pesawat sedang miring, maka ESC otomatis akan mengirimkan atau membuat salah satu atau beberapa motor berputar lebih cepat demi membuat keseimbangan pesawat. Dalam quadcopter dibutuhkan 4 ESC sesuai jumlah rotornya.

 

5. Propeller (Baling-baling)

propeller-quadcopter

Yak ini adalah baling-balingnya.
Pada quadcopter terdiri dari dua buah propeller akan dibuat berputar searah jarum jam, dan dua buah lagi berputar berlawanan arah jarum jam.Pemilihan propeller menitik beratkan pada ukuran, bahan dan bentuk yang presisi. Hal ini karena akan berpengaruh pada keseimbangan terbang. Ukuran propeller biasanya menyatakan panjang x pitch , contohnya untuk ukurang quadcopter 250 biasanya menggunakan propeller ukuran 50×30. Bahan yang umum digunakan antara lain Nylon, Composite dan Carbon Fiber.

 

6. Baterai dan charger

baterai-quadcopter

Komponen selanjutnya adalah sumber tenaganya. Baterai yang biasa digunakan adalah jenis Lithium Polymer (LiPo) , dan untuk penggunaan pada multirotor biasanya menggunakan jenis kemasan softpack untuk meminimalkan beban. Yang diperlukan dalam pemilihan baterai adalah berdasarkan jumlah cell dan kapasitasnya. Selain itu juga diperhatikan bentuk konektornya, yang cukup umum digunakan adalah konektor model XT60 atau Deans Plug. Jumlah cell menentukan berapa voltage baterai tersebut. Satu cell LiPo adalah sebesar 3.7 Volt, jadi apabila menggunakan LiPo 3 cell, berari memiliki ukuran 11.1 Volt. Jangan lupa sesuaikan dengan Motor dan ESC yang akan digunakan bersama-sama.

Untuk charger baterai, banyak pilihan dengan berbagai fitur, misalnya ada yang dilengkapi dengan fitur charge beberapa baterai sekaligus atau ada juga yang bisa melakukan balance charging . Yang jelas menggunakan charger yang baik dengan teknik charging yang baik bisa membuat umur baterai lebih lama.

 

7. Remote Control

remote-quadcopter

Nah ini merupakan bagian yang penting juga, sekalipun sudah merakit drone quadcopter dengan baik tapi tak bisa terbang tanpa remote, ya kan? hahaha. YAng perlu diperhatikan dalam memilih remote quadcopter adalah jumlah Channel yang mampu di control oleh Radio Transmitter nya. Pada quadcopter minimal diperlukan 4 channel yaitu untuk mengendalikan Throttle, Yaw, Pitch dan Roll. Channel tambahan bisa digunakan untuk keperluan lain misalnya mengganti flight mode, atau menggerakkan gimbal untuk menggambil foto atau video udara.

 

Sekian info mengenai bahan untuk merakit drone quadcopter, semoga dengan mengetahui bagian bahan-bahan ini kita (Saya) bisa merakit drone quadcopter sendiri ya, Amin!

Selamat Terbang!

 

PENAWARAN! Drone LH-X10 Wifi real time FPV 6 axis - 2.4G RC Quadcopter 2.0MP Camera RTF

Hanya : RP 899.000

Sebelumnya : RP 1.500.000,Diskon 40%

bcare-drones-lh-x10-wifi-real-time-fpv-6-axis-2-4g-rc-quadcopter-2-0mp-camera-rtf-hitam-8976-6615835-1-zoom1_500x500

  • Ketinggian terbang : 100 m, bisa pilih kecepatan high/low
  • Termasuk baterei 3.7V /550mAh Li-po battery
  • Fungsi IOC (headless fly) dan RTH (return to home)
  • Terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan benturan
  • live preview dari ponsel (untuk Android dan iOS)

 

 

 

22 COMMENTS

  1. Coba dong sarannya, ane pengen bikin quadcopter yang bisa membawa kamera dan bisa terkoneksi dengan laptop, dan daya jelajahnya juga jauh…
    Peralatannya apa aja ????

  2. […] Untuk anda pemilik modal besar, maka membeli sebuah drone dengan fitur yang mempuni pasti adalah hal yang mudah. Jika memungkinkan maka akan lebih baik merakit drone dengan fitur yang dapat dipilih. Semakin malah harga drone pastinya fitur dan kelengkapan semakin baik dan bagus. Sebagai catatan bahwa untuk anda yang ingin mencoba merakit drone maka sebaiknya pelajari komponen apa saja yang perlu dibeli untuk dapat membuat drone sendiri disini. […]

  3. berapa biaya yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu unit drone mulai yang termurah sampai yang termahal, dmana bisa saya dapat alamat instrukturnya

  4. Mas saya mau tanya, apakah komponen yang digunakan untuk merakit drone harus sesusai? misalnya remote dengan FCB, atau dengan komponen lainnya. Remote tipe A dengan FCB tipe B?

  5. maaf kalo boleh nanya remotenya ada yg agak murah gak?sama kalo remotenya pake hp android/iphone bisa gak?

  6. Merakit tuh mulai dari nol kali bukan nya langsung jadi mulainya dari pcb dong

    Kalo jual rc tu ya kalo yang murah tu ya….

    Rp 20.000 rupiah
    Rp10.000 rupiah
    Rp40.000 rupiah

    Bukanya jual seratus ribu sampai jutaan itu namanya mahal tau…

LEAVE A REPLY