Cara mengajarkan anak tentang benda langit

371

image

Edisi belajar bersama anak kali ini adalah tentang mengenal benda-benda langit atau tata surya. Seperti selayaknya, jika bersama anak saat malam hari kadang kita selalu mengenalkan anak tentang Bintang dan Bulan yang terlihat dilangit. Itu dia salah satu alasan bahwa lagu “bintang kecil” tak pernah padam. Setuju?

Untuk mengenalkan benda-benda langit ini, saya punya sidikit tips.

Tips saya adalah menggunakan aplikasi Android bernama Google Sky Maps. Aplikasi apa ini? Aplikasi ini sebenarnya sudah cukup lama sekali adanya. Waktu dulu saya menggunakan Galaxy Spica ( 4 tahun lalu ) dan versi Android Eclair, saya sudah pernah mengenal aplikasi ini. Berhubung saat itu belum punya anak, jadi ya punya aplikasi ini hanya sebatas tau penggunaan teknologi saja.

image

Salah satu kegunaan aplikasi ini adalah untuk melihat letak-letak benda-benda langit. Tidak hanya bulan dan bintang, dengan aplikasi ini kita bisa melihat planet-planet, bintang jatuh dan benda langit yang super banyak.

Asiknya lagi, aplikasi ini bisa secara real time menampilkan posisi benda langit sesuai dengan arah dari smartphone anda. Jadi Anda bisa mengenalkan letak letak seperti bintang, bulan ataupun planet secara langsung kepada anak. Contohnya adalah saat anda melihat bulan, lalu anda arahkan kamera ponsel anda ke arah bulan tersebut, maka aplikasi Google Sky Maps ini otomatis mendeteksi dan menampilkan bulan. Anda geser geser kemana saja aplikasi ini akan menampilkan benda angkasa sesuai posisi anda. Pokoke wow dah, kalau dipegang anak dan dia bisa mencoba menggerakan, maka disaat itu kita bisa sambil mengenalkan benda-benda langit itu. Mengasikan tho? Nah buat kamu yang mau mencoba monggo unduh langsung aplikasinya via playstore secara gratis dan open source lho.

Selain menggunakan aplikasi ini anda juga bisa mengajak anak ke tempat yang memang menyajikan informasi benda langit seperti planetarium yang ada di tempat bermain taman pintar Jogjakarta atau membaca buku astronomi.

Sekian dahulu ya, salam bahagia.

Incoming search terms:

mengajari anak tentang bintang bintang jatuh.  

1 COMMENT

LEAVE A REPLY