Berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta

540

IMAG6609

Setelah berkunjung ke museum Mainan Anak Kolong Tangga, lalu kami mampir ke taman pintar yang letaknya memang berdekatan dengan museum. Sebenarnya ini bukan kunjungan pertama kali kami ke Taman Pintar. Saat Aila berusia kurang lebih 10bulan, kami sekeluarga plus kakung tantenya memang pernah ke Taman Pintar. Tapi saat itu tidak sempat menjelajah jauh, karena memang saat itu hanya menjadi peserta sebuah event yang diadakan SMAnya tante bungsu. Ya gitu deh kira-kira.
Lalu lalu, ada apa aja sih di Taman Pintar ini?

IMAG6641 Wah, banyak ternyata! Slogannya aja: mencerdaskan dan menyenangkan. Jadi di Taman Pintar ini banyak wahana yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, seperti sains dan sejarah. Banyak alat peraga yang berkaitan dengan teori fisika atau diorama-diorama sejarah. Masuk Taman Pintarnya sendiri gratis, tidak dipungut biaya. Di area halaman juga banyak permainan yang bisa dinikmati, seperti kolam air mancur (biasanya anak-anak ramai bermain air), wahana main perahu, dan banyak lagi. Biaya dikenakan pada pengunjung kalau ingin memasuki wahana gedung oval, gedung kotak, gedung memorabilia, planetarium dan gedung PAUD. Tiket masuk untuk dewasa dikenai 18ribu rupiah, dan tiket anak 10ribu rupiah. Tiket untuk planetarium 15ribu untuk umum. Kami memilih untuk masuk gedung memorabilia, gedung oval, dan planetarium. Di gedung memorabilia, kita bisa melihat soal sejarah kesultanan keraton, tokoh-tokoh pendidikan, dan kepustakaan kepresidenan. Di gedung oval, kita bisa melihat banyak alat peraga yang berkaitan dengan teori sains, diorama kehidupan purbakala (ada dinosaurusnya!), dan juga akuarium air tawar.

Memasuki planetarium, kita akan disuguhi dokumenter pendek soal tata surya kita selama kurang lebih setengah jam. Planetarium ini menurut saya adalah tempat yang sangat menarik. Kita dibawa menikmati bintang-bintang di langit Jogja, yang seharusnya bisa kita lihat. Tapi dengan banyaknya polusi udara, polusi cahaya, dan kadang kala cuaca yang tidak cerah jadi tertutup. Menikmati langit dengan penuh bintang ini sangat menyenangkan. Tapi mungkin untuk orang tua yang membawa balita (apalagi bayi) harus diberi pengertian ekstra ya, karena ruangan akan gelap dan soundnya cukup keras, mungkin anak bisa kaget dan malah rewel (parenting mode: ON). But not to worry, Taman Pintar ini kids-friendly sekali kok.

Monggo lho jalan-jalan kemari, sayapun senang-senang saja kalau disuruh jalan kemari lagi. Ciao!

Baca Juga:

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY