Cara mengganti motor baling-baling JJRC H8C yang rusak

8779

Motor adalah bagian yang menggerakan baling-baling. Motor ini biasanya tersedia dalam ukuran dimensi motor dan kekuatannya dalam satuan kv atau rpm/v. Pemilihan motor disesuaikan dengan Propeller dan ESC yang anda gunakan. Sebagai catatan bahwa semakin besar satuan kekuatannya maka semakin besar pula daya yang diperlukan.

Seperti yang pernah saya tulis mengenai beberapa kekurangan quadcopter JJRC H8C kemarin, kali ini saya akan berbagi mengenai bagaimana memperbaiki atau mengganti motor baling-baling yang mati atau rusak. Perlu diketahui bahwa dinamo motor baling-baling dari quadcopter ini memang tergolong rentan mengalami kerusakan atau mati. Matinya mesin ini biasanya diakibatkan karena benturan propeler dengan benda lain atau karena terlalu sering terbang sehingga membuat mesin rotor panas.

Beberapa waktu lalu, salah satu motor dari JJRC H8C yang saya miliki mengalami kerusakan. Sayangnya, setiap kita beli produk JJRC H8C ini, kita tidak mendapatkan spare part untuk motor, kita hanya akan dapat cadangan propeller (baling-baling sebanyak 4 buah), padahal kebutuhan ganti propeller itu jauh lebih jarang dibanding mengganti motor. hmmm mungkin inilah letak bisnisnya hehehe..

Kembali ke topik pembahasan, Bagaimana cara mengganti motor JJRC ?

6-quadcopter-jjrc-h8cPertama-tama yang harus anda lakukan adalah mencari spare part dari dinamo motor tersebut. Di Indonesia, produk ini sudah lumayan banyak dijual dibeberapa situs belanja online seperti OLX, Bukalapak atau Tokopedia. Harganya sendiri bervariasi, mulai dari sekitar 70 ribu sampai 100 ribu atau mungkin saja lebih. Sedikit tips, jika anda berminat menghemat dalam membeli spare parts quadcopter ini maka belilah disitus luar negeri. Beberapa situs online seperti aliexpress.com , ebay.com menjual parts motor drone lebih murah dan pastinya kita bisa lebih hemat. Salah satu syaratnya jika beli disitus-situs tersebut adalah sabar menunggu barang datang, karena biasanya barang akan sampai dalam waktu yang tidak cepat, maklum jarak jauh bero.

Selanjutnya, jika barang sudah sampai, maka mulailah bongkar dan pasang tuh motor, caranya bagaimana? oh ya, sebelumnya saya ini bukanlah orang elektro atau ahli dalam elektronik lho ya, cara yang saya gunakan ini adalah cara belajar otodidak dengan melihat contoh video YouTube.

 

3-quadcopter-jjrc-h8c

Mula-mula bongkar dan preteli drone JJRC H8C, hati hati lupa baut lho gaes karna JJRC H8C ini memiliki banyak sekali baut, saya hitung lebih dari 15 baut kecil, oleh sebab itu baiknya kamu lebih berhati- hati. Setelah melakukan pembongkaran, pastikan anda sudah mengetahui posisi dan bagian motor yang mati. Untuk lebih mudah, tandai setiap motor dengan abjad seperti pada gambar. Pemberian tanda ini beguna agar anda lebih mengetahui posisi motor tersebut, karena arah putar dari motor tersebut akan berbeda beda tergantung posisi. Ada dua jenis kabel warna pada dinamo motor, yang saya tandai dengan abjad A itu berwarna merah biru, sementara yang saya tandai dengan abjad B berwarna hitam putih. Pada kasus saya ini kebetulan yang rusak adalah yang merah biru atau bagian abjad A sebelah atas kiri.

Selanjutnya adalah melakukan penggantian motor, caranya potong kabel motor yang mengalami kerusakan. kemudian soldier dengan motor yang baru. Sejauh yang saya pelajari ada 2 cara penggantian : yang pertama adalah untuk kita yang masih amatir dalam solder mensolder, caranya yaitu melakukan pemotongan pada kabel dan melakukan soldier pada kabel. Cara yang kedua untuk yang sudah profesional yaitu dengan memotong kabel pada Flight Control Board dan melakukan sodier langsung pada board. Jika kamu (saya) yang masih amatir ini sebaiknya gunakan cara yang soldier pada kabel (seperti gambar)

 

5-quadcopter-jjrc-h8c

 

Sebelum memasang kembali rangkaian quadcopter ini ada baiknya dicoba dulu, jadi dalam keadaan yang masih terbongkar gini nyalakan mesin untuk memastikan dinamo motor berputar sesuai keinginan. Nah jika sudah benar benar berputar, maka silakan pasang kembali dengan benar.  Setelah semua beres maka kamu siap terbang lagi untuk mencapai kebahagiaan bro.. hehehe…

Sekian dulu informasi mengenai tips memasang motor JJRC H8C, Selamat terbang dan bahagia lagi bro.

2 COMMENTS

  1. […] Motor penggerak baling-baling H8C sedikit rentan mengalami kerusakan. Dibeberapa kasus, motor sering rusak dan tidak berputar karena benturan yang cukup keras dengan benda lain atau terbang terlalu lama sehingga membuat motor panas. Jadi tipsnya agar motor tidak cepat rusak adalah terbanglah ditempat yang lapang, menghidari benturan dengan benda lain. Terbanglah secukupnya walaupun kamu punya beberapa cadangan baterai, beri waktu istirahat pada drone setiap selesai terbang. Lalu gimana kalau sudah rusak? Apa bisa diganti? Tentu saja bro, sudah banyak yang jual onderdilnya kok. Harganya juga cukup terjangkau. Silakan baca cara mengganti motor JJRC disini. […]

  2. Terimah kasih atas masukanya saya sudah mengganti motor drone saya syma 5hw dan sudah saya coba bisa tapi ketika saya pasang kembali saya lupa melakban bekas soldernya akhirnya kabel saling nempel dan langsung saya lepas trus sekarang ketika di pasang batrei langsung mutar baling2 yg dinamo saya ganti.pertanyaan saya kira kira kena komponen apanya ya yg perlu saya ganti lagi dan apa masih bisa di perbaiki?saya tunggu jawabanya terima kasih.

LEAVE A REPLY