Cara mengetahui madu asli atau bukan madu asli

941

gulangguling.com – Cara mengetahui madu asli atau bukan madu asli –  Madu memang memiliki banyak manfaat/ khasiat untuk kesehatan. Madu dapat membantu mengobati berbagai penyakit ringan dan menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain madu berkhasiat untuk kesehatan, madu juga baik dipergunakan untuk merawat dan menjaga kecantikan secara alami. Memang pada dasarnya madu ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk tubuh. Karena banyak manfaatnya ini maka Madu pastilah banyak sekali diminati, Untuk mendapatkan khasiat yang terdapat dalam madu tentunya kita harus menggunakan madu asli dan bukan madu palu atau yang sudah di campur. Sayangnya dipasaran sudah banyak sekali madu yang keaslianya diragukan, banyak produk yang sudah mencampur madu dengan pemanis-pemanis buatan. Hal macam ini tentu saja merugikan kita sebagai konsumen.

Nah, agar lebih berhati hati maka kita perlu tau Bagaimanakah cara membedakan antara madu asli dan madu palsu alias madu campuran ? Berikut beberapa cara mengetahui madu asli

1. Madu asli dibakar akan berbusa.

Siapkan sendok yang berisi madu, lalu bakar bagian bawahnya menggunakan korek ataupun lilin. Sendok dengan isi Madu asli jika dibakar bagian bawah sendok maka madu asli akan berbusa dan tumbah. Sementara itu madu yang berisi campuran maka cenderung berbusa lebih sedikit.

2. Madu asli tidak mudah terserap kertas.

Tumpahkan sedikit madu ke atas kertas, biasanya gunakan kertas koran. Madu asli tidak akan mudah terserap oleh kertas, sementara itu madu yang palsu atau campuran akan lebih mudah terserap oleh kertas sepertihalnya air yang mudah diserap kertas.

3. Madu asli tidak mudah tercampur dengan air.

Tuangkan madu ke dalam air. Madu Asli jika dituangkan kedalam air maka akan cenderung mengumpal dan susah lumer atau tercampur dengan air. Sementara madu palsu pasti akan lebih mudah bercampur dengan air.

4. Madu asli tidak beku di dalam lemari es.

Madu asli jika dimasukan kedalam kulkas atau lemari es tidak akan membeku, Sementara itu madu palsu atau campuran air maka madu tersebut akan mudah membeku atau menjadi es.

Berikut beberapa tips cara untuk mengetahui madu asli dan bukan. Semoga dengan mengetahui cara ini kita bisa lebih teliti dalam membeli produk madu. Semoga bermanfaat.

 

sumber: informasi ini saya dapatkan setelah menonton tayangan televisi dan riset beberapa situs.

2 COMMENTS

  1. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali.
    kami juga ingin berbagi info, madu tidak hanya enak tapi sangat bermanfaat buat kesehatan dan penyembuh penyakit.

    ingin tahu lebih lanjut manfaat dari madu, klik disini…

LEAVE A REPLY