Apa yang dimaksud dengan Headless Mode pada Drone ?

11919

GULANGGULING.COM | DRONE –  Pernahkah anda bertanya apa yang dimaksud dengan headless mode pada quadcopter ? Jika iya, maka kamu berada pada halaman yang tepat. 

Kebingungan tentang apa itu Headless Mode ini muncul ketika saya sedang membaca beberapa fitur dari sebuah drone dengan harga murah namun sudah mempunyai fitur ini. Jika dilihat dari bahasanya Headless mode bisa diartikan tidak punya kepala. Yang dimaksud dengan tidak punya kepala disini adalah drone tidak memiliki patokan khusus mana yang dijadikan depan dan mana yang dijadikan belakang. Semua tergantung dengan remote yang anda pegang.

Jika sebuah drone memiliki fungsi berbelok kekiri atau kekanan lebih dari 90º, maka fungsi headless ini menjadi keunggulan. Untuk drone yang tidak memiliki fitur headless akan menjadi kesusahan tersendiri karena pengguna perlu mengingat mana bagian depan dan mana bagian belakang setelah melakukan manufer. Namun jika drone sudah dilengkapi dengan fitur headless mode, maka hal tersebut tidak perlu diperhatikan lagi. Karena apapun itu, anda hanya perlu mengingat bagian depan drone adalah bagian depan remote anda atau dengan bahasa kerennya itu The front is your front.

[Baca juga : Beberapa Drone untuk para pengguna kamera GoPro disini]

Dengan kemampuan headless mode ini, sudah pasti akan sangat membatu penggunaan drone, apalagi ketika terbang tinggi dan bermanufer. Nah sudah tau apa itu headless mode ? kalau belum jelas, silakan simak video diatas atau dibawah ini ya.

 

source : YouTube

 

 

 

1 COMMENT

  1. Halo gan, saya punya drone MJX x916h yang mempunyai fitur headless mode.

    Yang ingin saya tanyakan adalah misalkan headless mode aktif dan seperti yang sudah dijelaskan bahwa yang ada di depan saya menjadi bagian depan drone maka saya bisa menjalankan drone tanpa harus pusing memikirkan bagian depan drone, apalagi jika drone sedang terbang tinggi.

    Tapi jika drone menuju ke arah kiri saya otomatis saya harus menghadap ke kiri agar tetap dapat melihat drone terbang. Nah jika saya memutar badan saya ke kiri, apakah bagian depan saya menjadi bagian depan drone? atau menjadi bagian kiri drone?

    ditunggu jawabannya 🙂

LEAVE A REPLY