Lampu Bohlam untuk semacam Penghangat Ruangan

31033


Halo gaes!

Setelah pernah membuat semacam air mancur tanpa listrik dan membuat semacam kincir angin, sekarang saya ingin berbagi tentang bagaimana membuat penghangat ruangan (semacam). Ini adalah tips yang cocok dipraktekan bagi anda yang tinggal di daerah dataran tinggi, tips penghangat ruangan ini juga sangat cocok bagi anda yang memiliki alergi dingin dan ingin menciptakan ruangan/kamar anda tetap terasa hangat.

Saya tinggal di Yogyakarta, tepatnya di daerah jl kaliurang km 12+. Di daerah ini udaranya tergolong sejuk segar, maklum daerah lereng merapi. Akhir akhir ini udara terasa cukup dingin, meningkatnya curah hujan menjadi salah satu faktor mendinginnya suhu udara. Dinginnya udara disini membuat saya sedikit mengalami masalah. Aila, kondisi kesehatan dia saat itu sedang megalami penurunan pasca demam dan batuk. Belum sembuh benar dari batuk dia harus berhadapan dengan cuaca yang cukup dingin (bagi dia). Aila mengalami gangguan semacam alergi dingin. Alergi dingin ini menyebabkan dia batuk terus terusan, batuknya bahkan bisa berlangsung berjam jam dan bisa menyebabkan dia sampai muntah. Ah kasihan melihat dia harus mengalami itu. Saya putuskan untuk meminta istri saya membawa dia ke dokter, disana biasanya dokter akan memberikan pengobatan uap dengan nebulizer. Terapi dengan nebulizer ini memang biasanya dilakukan untuk pasien yang bermasalah dengan pernafasan seperti alergi dingin atau asma. Biasanya setelah terapi ini dia akan merasa nyaman dan batuknya berkurang, lain kali akan saya tulis bagian Nebulizer.

Setelah batuk alergi dingin berkurang, lalu timbul pertanyaan lagi “Bagaimana agar ini tidak terjadi lagi?”,  jawabnya adalah “hindarkan dari segala sesuatu yang mengundang batuk alergi dingin”. ” Bagaimana membuat ruangan hangat? ” . Saya mulai dengan googling untuk membeli penghangat ruangan, cari sana sini ketemu info jualan alat penghangat, tapi setelah saya kontak kebanyakan tidak nyambung dan ternyata harga alat ini tidak murah, serta menggunakan watt yang sangat tinggi. Karna usaha untuk beli alat penghangat belum terwujud akhirnya saya beralih pada cara lain.

Setelah membaca beberapa artikel dan forum akhirnya saya ketemu sebuah cara untuk membuat penghangat ruanga, yaitu dengan dengan menggunakan Lampu Bohlam. Prinsip sederhananya adalah seperti kurungan ayam yang diberi lampu agar hangat dan cepat menetas. Sebuah artikel menulis bahwa untuk membuat ruangan hangat dia pakai lampu bohlam dengan 60 watt, dan itu cukup jika digunakan untuk bayi. Untuk Aila ( 3.5 y/o) ini saya menggunakan lampu bohlam berukuran 100 watt, tak tanggung-tanggung saya membeli 2 lampu bohlam 100 watt. Lampu tersebut saya pasang di kamar menggunakan tempat lampu belajar, saya arahkan ke dinding karna lampu 100 watt ini terang sekali bero. Hasilnya its work, ruangan terasa sangat hangat karna terbantu oleh panas yang dikeluarkan oleh lampu bohlam tadi. Efek samping dari itu Aila sedikit terhidar dari rasa dingin dan dia bilang kalau ruangannya hangat. Buat kita yang nemenin dia tidur akan merasakan sensasi sauna, sumuk. Alhamdulillah sejak menggunakan cara ini sedikit demi sedikit Aila membaik dan sekarang sudah kembali berlari dan menari.

Perlu diketahui bahwa menggunakan cara ini tergolong lebih murah dibanding harus beli alat penghangat ruangan. Setau saya alat penghangat ruangan itu paling kecil menggunakan daya sekitar 450 watt dan harganya tidak murah. Kalau dengan menggunakan lampu ini anda bisa mengatur watt lampu yang ingin dibeli, tingginya watt lampu disesuaikan dengan diameter ruangan/kamar. Kalau ruangan tidak cukup besar mungkin dengan 60 watt saja sudah cukup. Lampu yang dibeli adalah jenis bohlam, atau lampu jaman dahulu. Oke sekian dulu, dan selamat mencoba. Semoga selalu diberi kesehatan Amin.

 

Lampu Bohlam Penghangat Ruangan
Lampu Bohlam Penghangat Ruangan

 

Lampu Bohlam Penghangat Ruangan
Lampu Bohlam Penghangat Ruangan
Lampu Bohlam Penghangat Ruangan
Lampu Bohlam Penghangat Ruangan

 

Penawaran! Philips Lampu LED 9-70W

Dapatkan Produk Lampu LED dari Lazada dengan harga yang ramah.

Harga : RP 74.000

Sebelumnya : RP 180.000Diskon 59%

lampu-led

  • Tahan lama
  • Hemat energy
  • Ramah lingkungan
  • Nyaman di mata

 

 

 

 

10 COMMENTS

  1. […] Menggunakan penghangat ruangan. Benda penghangat ruangan ini adalah salah satu solusi yang sejauh ini banyak dipilih. Beberapa alat penghangat ruangan memang sudah dijual banyak dipasaran. Khusus untuk penghangat ruangan ini, saya punya cara membuat penghangat ruangan sendiri tanpa harus membeli; Cara membuat penghangat ruangan ini adalah dengan memanfaatkan lampu bohlam. Lampu bohlam seukurang 100 watt mampu menghangatkan ruangan. Besar kecilnya watt yang dibutuhkan tergantung dengan besar kecilnya ruangan anda. Anda dapat membaca tips cara membuat penghangat ruangan anda disini. […]

LEAVE A REPLY