Semacam Air Mancur Tanpa Listrik

90491

Setelah membuat semacam kincir angin sederhana, sekarang saya mencoba membuat semacam air mancur sederhana dan tanpa listrik. Air mancur ini biasa disebut air mancur heron atau terkenal dengan nama Heron’s Fountain. 

Hero Of Alexandria

Heron’s Fountain adalah mesin hidrolik yang diciptakan oleh seorang penemu bernama mbah Hero, dia adalah seorang ahli matematika/ fisika Yunani yang  aktif dikota Alexandria, dia juga dikenal dengan sebutan Heron of Alexandria. Saat dia mempelajari tekanan udara dan uap, dia menciptakan sebuah mainan yang menyemburkan air. Mainan ini disinyalir sebagai cara beliau untuk mengajarkan sebuah prinsip-prinsip fisika atau matematika mengenai energi potensial yang dapat memberikan listrik, dibuat dari prinsip air, gravitasi dan kompresi. Semacam prinsip hidrolik gitu deh. Nah itu sedikit mengenai awal mulai cerita heron fountain, selanjutnya mari kita coba buat bro.

 

Pembuatan Heron Fountain.

Prinsip Rangkaian Heron Fountain

Proses pembuatan mainan ini sebenarnya susah susah gampang. Tutorial yang beredar sudah banyak sekali, bahkan banyak variasi. Bahannya juga gampang dicari bero. Seperti banyak tutorial yang beredar, saya menggunakan 3 botol bekas dan sekian meter selang akuarium. Prinsip rangkaian seperti gambar diatas, tapi tidak mesti kaya gambar diatas lo bero, kamu bisa saya membuat rangkainnya berbeda tapi yang penting sambuangan selang/rangkaiannya sesuai jalur. Nah yang saya buat bentuknya gini lo :

IMG_20140928_112606080

 

Cara kerja Air Mancur Heron :

Pada dasarnya air yang mancur adalah berasal dari air yang berada di botol tengah, air dibotol tengah tersebut terdorong oleh udara yang didorong dari botol paling bawah, Botol paling bawah memberikan dorongan udara ke botol tengah karna mendapat suplay air dari botol paling atas. Nah mudeng ora bero? kalau gak mudeng lihat video ajah nih bro :

 

Air Mancur Berhenti.

Karna ini semacam mainan simulasi hidrolik maka ada berhentinya bero. Air mancur akan berhenti jika air di botol tengah sudah habis. Kenapa gitu? ya emang gitu diciptakannya bero. Untuk me-reset air mancur ini cukup kamu balik rangkaian tadi, sampai botol yang ditengah terisi air. Sebetulnya ada semacam crakingnya/ problem solved dari teknik heron fountain ini, tapi sayangnya saya tak berhasil membuatnya/ alias masih gagal. Entah kurang pas dalam hitungan ukuran atau belum mudeng sama teknikna jadi belum berhasil, mungkin suatu akhir pekan nanti akan saya coba buat lagi.

 

Tips dan saran :

Untuk membuat teknik ini sebenarnya tidak susah tapi juga tidak gampang. Saya sendiri membuat ini berkali kali, hehe berkali kalinya karna saya pengen buat yang craking/problem solved tapi gak bisa bisa. Beberapa Tips untuk membuat Air mancur Heron ini adalah :

  1. Pilihlah botol yang bahan plastiknya tebal atau keras, biasanya ini merupakan botol minuman yang berwarna dan bukan yang air mineral putih itu.
  2. Gunakan lem yang bisa merapatkan bagian setiap rangkaian selang ke botol, ini penting karna rangkaian yang bagus adalah rangkaian yang kedap terhadap udara luar dan hal ini juga mencegah kebocoran kebocoran air atau tidak keluar melalui jalur selang.
  3. Sabar, pelan pelan dalam membuat rangkaian, kalau terburu buru nanti membuat rangkaiannya tidak pas atau malah tidak berhasil.
  4. Yang terkahir ini tips paling penting, yaitu Bergembiralah~

 

Nah ini hasil wiken saya bero, wikenmu gimana? sehat?

Selamat menikmati.

 

 

Pustaka :

– http://en.wikipedia.org/wiki/Heron’s_fountain

– http://en.wikipedia.org/wiki/Hero_of_Alexandria

– https://explorable.com/herons-fountain

– https://www.youtube.com/results?search_query=hero+fountain

15 COMMENTS

  1. untuk yg udah solved saya perhatiin untuk botol C nya kayanya berlubang di tengah, bener ga sih?? saya jadi bingung sendiri nih 😀 apa mataku yang udah kabur nih 😀

  2. Tekanan udara pada botol B atau C yang berfungsi mendorong air? atau harus ada salah satu botol yg berlobang?? bisa dijelaskan?

LEAVE A REPLY