Perubahan Moto G Setelah update Android 5.1 Lollipop

227

Android  Seperti janji saya pada artikel sebelumnya saat Moto G mendapatkan update Android, maka artikel kali ini adalah review perubahan apa saja yang didapat Moto G setelah update versi Android 5.1 Lollipop.

Seperti yang sudah saya katakan pada artikel sebelumnya, Perubahan yang tercantum pada system update kali ini ada tiga point utama, yaitu : Something enak enak, Bugs fix dan stability improvements. Dari ketiga point tersebut yang bisa saya rasakan perubahannya adalah hanya bagian tertentu dan yang terlihat secara kasat mata.

Mari kita bahas perubahan yang diterima MOTO G pasca update Android Lollipop versi 5.1 :

Interface Moto G
Interface Moto G

Perubahan Beberapa Design,  a sweet new take on Android. Dibeberapa bagian Android 5.1 ini mengalami perubahan pada design dan interaksi dengan user, terutama pada bagian notifikasi bar. Banyak hal yang berbeda disana :

  • Munculnya nama dari setiap provider yang kita gunakan pada notifications bar. Contohnya milik saya ini, muncul tulisan Telkomsel | 3 , ini mendakan saya menggunakan dua provider tersebut. Untuk anda yang tidak suka tampilan seperti ini, anda bisa menghilangkan tulisan provider ini melalui menu Settings->More->Cell Networks->Show Mobile Networks.
  • Perbaikan pada pengaturan Wifi dan Bluetooth. Pada bagian ini pilihan setting menjadi lebih simple dan lebih smart.
  • Huruf status koneksi terlihat lebih besar, contohnya huruf H yang muncul disamping koneksi bar. (lihat gambar).

 

Baterai Moto G
Baterai Moto G

Baterai Lebih Tahan Lama,  Setelah saya update Android saya mendapati penggunaan baterai Moto G menjadi lebih boros, namun setelah saya reboot percaya tidak percaya baterai yang saya gunakan bisa hampir 24 jam tanpa di charge sama sekali. Untuk beberapa kasus anda perlu melakukan factory reset ataupun wipe cache partitions untuk mendapatkan performa baterai yang lebih awet.

Kinerja RAM lebih baik dan lebih Smooth, Dari 2 hari pemakaian yang cukup terasa adalah Android 5.1 ini terasa lebih ringan dan smooth. Mungkin ini karena adanya perubahan dibeberapa interaksi design, sehingga penggunaan interaksi dengan layar tampak lebih ringan dan smooth.

Perbaikan Bugs , Kalau bagian ini saya tidak bisa menjelaskan apa perubahannya karena pada dasarnya kurang terasa secara kasat mata. Yang jelas perbaikan inilah yang sebenarnya paling penting. Perbaikan Bugs, apalagi mengenai security adalah sesuatu perbaikan yang paling utama, namun sayangnya orang lebih cenderung menilai perubahan dari interfacenya semata.

Baca juga Cara Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Nah kira kira begitulah beberapa perubahan yang saya rasakan pada Moto G setelah update Android 5.1. Jika anda masih ragu untuk update ke versi ini, maka anda akan rugi! karna yang namanya update itu pasti menjadi lebih baik, apalagi itu official dari vendor. Selanjutnya, mari menananti apakah Moto G akan mendapatkan update Android M atau tidak. Semoga sih iya.

Sekian~

 

LEAVE A REPLY