Jangan Langsung Menyalakan AC Ketika Masuk Mobil!

751
Cockpit via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Informasi – “Cuaca terik saat diluar, ah nanti kan adem kalau masuk mobil tinggal nyalakan AC.” Memang hal ini adalah hal yang lumrah ya bagi pengendara mobil ketika menyalakan mesin mobil bebarengan dengan menyalakan AC, apalagi dengan teriknya udara di luar. Namun ternyata hal kecil ini tidak baik, dan bahkan bisa berbahaya lho. Kenapa ya?

Ternyata udara yang keluar dari semprotan AC apabila bercampur dengan hawa dalam mobil yang ‘ngelekep’, berbahaya, dan bersifat karsinogenik apabila dihirup. Karsinogenik berarti dapat mengakibatkan kanker. Sebuah penelitian dari Livescience, mengungkapkan bahwa radiasi sinar matahari dapat menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, serta bahan pelapis yang digunakan untuk melapisi jog. Belum lagi reaksi-reaksi lain yang terjadi dari bahan lain dalam kabin yang jika bercampur dengan udara panas bisa menghasilkan berbagai zat baru, seperti misalnya benzena, sebuah racun yang salah satunya bisa menyebabkan penyakit kanker.

Benzena juga diketahui bisa meracuni tulang-tulang dalam tubuh. Benzena juga bisa menyebabkan anemia serta menurunkan jumlah sel darah putih, sehingga jika kita menghirup racun ini dalam jangka waktu yang lama, berakibat buruk bagi tubuh dan beresiko kanker. Ibu hamil juga dilarang keras untuk menyalakan AC dalam keadaan ini karena tingkat benzena yang dihasilkan ternyata bisa mengakibatkan keguguran pada janin.

Sebuah mobil yang terparkir dalam ruangan dengan kondisi jendela tertutup maka akan menghasilkan 400-800 mg benzena. Tapi kalau diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari, tingkat benzena akan semakin meningkat mencapai 2000-4000 mg, 40 kali tingkat benzena yang bisa ditoleransi manusia dari batas sebesar 500 mg/ft2.

Lalu bagaimana baiknya? Yang bisa dilakukan ketika akan naik mobil yaitu: buka jendela setelah kita masuk mobil. Biarkan udara panas keluar selama beberapa menit. Setelah itu baru nyalakan AC kemudian tutup jendela kembali. Atau alternatif lain yang bisa dilakukan adalah membuka sedikit kaca saat memarkirkan mobilmu. Selain itu, usahakan untuk mencari tempat parkir yang teduh serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Efeknya mungkin tidak langsung terasa saat ini, namun akan terasa dikemudian hari apalagi secara tidak sadar kita terus menerus menghirupnya. Jadi bukalah pintu serta jendela mobil saat sebelum masuk, berilah waktu udarapanas dan mengandung toksin ini keluar, saat sebelum Anda masuk dalam mobil.

Baca juga:

Sumber:
http://pusatberitaterupdate.blogspot.co.id/2015/12/bantu-share-ya-kepada-sahabat-keluarga.html
https://www.brilio.net/news/biar-sepanas-oven-jangan-langsung-menyalakan-ac-mobil-berbahaya-150924n.html

LEAVE A REPLY