Peraturan Baru MotoGP 2016

3120
Gambar Rossi via pixabay.com

GULANGGULING.COM | MotoGP – Sudah tak sabar ingin menyaksikan MotoGP 2016 ? Kira-kira bakal ada drama apalagi ya? Rossi sama Marquez dan Lorenzo akan terus saling beradu podium ngga ya? atau malah Pedrosa yang akan lebih lancar? Untuk kalian yang penasaran dan menantikan MotoGP musim 2016, sebaiknya tau bahwa ternyata MotoGP musim ini akan menggunakan peraturan baru.

MotoGP 2016 akan menggnakan aturan baru demi membuat balapan semakin menarik. Konon dengan aturan baru ini memungkinkan tim-tim satelit akan ikut meramaikan balapan dan pada akhirnya balapan tidak akan dimenangkan oleh tim itu-itu saja. Hal ini dibuat agar para penonton tidak bosan menyaksikan MotoGP.

Salah satu aturan yang baru di MotoGP 2016 ini adalah penggunaan ECU Electronic control unit yang sama. Jika sebelumnya MotoGP membebaskan setiap pabrikan membuat ECU sendiri, maka tidak untuk musim ini. Setiap pembalap diwajibkan menggunakan Electronic control unit yang dikeluarkan oleh Dorna. Dengan menyeragamkan ECU ini diharap tim satelit pun mampu bersaing dengan tim-tim utama.

Moto GP
Moto GP

Selain penggunaan ECU yang sama, beberapa perubahan Regulasi MotoGP antara lain seperti penggunaan Jatah Mesin, Bobot Minimum, Penggnaan Ban Michellin, Tes Tak Resmi. Mari kita uraikan satu persatu:

1Ban Michellin

Pada MotoGP 2016, pabrikan Michellin dipastikan akan menggantikan pabrikan ban sebelumnya Bridgestone. Jadi setiap pembalap harus menyesuaikan dengan karakteristik ban baru ini.

2Bobot Minimum

Perubahan bobot minimum untuk setiap motor dikategorikan berdasarkan kapasitas mesin motor kontestan motoGP. Bobot minimal untuk motor yang berkubikasi 800 cc bobot minimalnya adalah 150 kg. Sedangkan, untuk motor yang berkapitas 801 – 1000 cc bobot minimum adalah 157 kg atau lebih ringan 1 kg dibanding musim sebelumnya.

3Jatah Mesin

Seperti regulasi tahun lalu, maka ini akan terus berlanjut. Jatah mesin yang bagi tiap tim non-konsesi dibatasi hingga tujuh mesin selama satu musim, sedangkan untuk tim konsesis seperti Suzuki dan Aprlia penggunaannya dibatas sebanyak 12 mesin untuk satu mesin.

4Bahan Bakar

Untuk tim pabrikan kapasitas bahan bakar akan ditambah menjadi 22 liter dan untuk tim konsesi kapasitas bahan bakar diperbolehkan sebanyak 24 liter.

5ECU ( Electronic control unit )

Musim 2016 setiap pembalap MotoGP diwajibkan menggunakan ECU yang dikeluarkan oleh Dorna, yaitu ECU Magneti Marelli. Dengan menggunakan ECU yang sama, maka diharapkan MotoGP tahun ini akan lebih kompetitif untuk semua pembalap.

6Pembatasan Tes Tak Resmi

Pihak penyelenggara MotoGP tahun ini akan membatasi tim melakukan tes tak resmi untuk para joki motornya diluar jadwal resmi. Namun Dorna masih mengijinkan tes tak resmi, dengan syarat joki menggunakan motor yang diproduksi masal alias tidak menggunakan motor yang akan digunakan balapan.

Itulah beberapa aturan baru MotoGP 2016 yang mungkin masih banyak yang lain. Semoga dengan aturan baru ini akan menciptakan balapan yang seru dan penuh drama. Karna sejatinya keseruan MotoGP adalah tidak hanya soal siapa menang dan siapa kalah, tetapi juga terletak dari drama-drama yang tersaji.

Selamat menikmati balapan, semoga jagoannya menang!

Salam.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY