Yakin Langganan Netflix? Cek Dulu Kecepatan Minimal dan Kuota Yang Dihabiskan

164
Netflix capture

GULANGGULING.COM | Teknologi – Kehadiran NETFLIX penyedia layanan streaming video dengan berbagai jenis konten di Indonesia ini disambut gegap gempita oleh warga dunia maya. Sempat menjadi trending di twitter, layanan Netflix ini hadir seolah-olah menjadi pengobat keinginan para penggemar tayangan konten video yang berkualitas.

Netflix menyediakan berbagai macam layanan streaming, film-film berkualitas, TV show yang sangat banyak hingga acara-acara yang ekslusif. Maka tak heran jika Netflix bisa jadi pilihan lain selain berlangganan TV kabel.

Logo Netflix via wikipedia
Logo Netflix via wikipedia

Kehadiran Netflix di Indonesia tentunya disambut bahagia, namun tak sedikit juga yang mempertanyakan tetang koneksi internet di negara ini yang masih belum cukup kencang untuk mengakses Netflix. Tidak semua provider atau tidak semua orang cukup memiliki koneksi cepat untuk dapat berlangganan layanan Netflix ini.

Untuk kamu yang ingin berlangganan Netflix, maka ada baiknya kamu mempunyai koneksi yang cukup kencang dan kuota internet yang tanpa batas. Pasalnya Netflix punya standar khusus agar kamu dapat streaming dengan lancar di layanan mereka.

Dikutip dari laman Netflix, Berikut rekomendasi kecepatan internet yang dibutuhkan untuk dapat menikmati video sesuai dengan kualitas layanan :

  • 0.5 Megabits per detik – Kecepatan minimal
  • 1.5 Megabits per detik – Kecepatan yang disarankan
  • 3.0 Megabits per detik – Untuk kualitas SD
  • 5.0 Megabits per detik – Untuk kualitas HD
  • 25 Megabits per detik – Untuk kualitas UHD

Menurut informasi, pada dasarnya kualitas video dari layanan Netflix ini secara otomatis dapat menyesuaikan dengan kecepatan internet atau kamu dapat memilih kualitas video secara manual.

Selain kecepatan, untuk kamu yang ingin berlangganan Netflix ada baiknya juga memiliki kuota internet tanpa batas. Semakin besar kualitas video, maka semakin besar pula kuota yang dibutuhkan. Dibawah ini informasi besaran kuota yang dibutuhkan untuk dapat menikmati streaming video dari Netflix.

  • Low (0.3 GB per jam)
  • Medium (SD: 0.7 GB per jam)
  • High (3 GB per jam untuk HD)
  • High (7 GB per jam untuk Ultra HD)

Melihat dari kebutuhan kecepatan dan kuota internet diatas, maka untuk yang belum memiliki koneksi stabil dan kuota tanpa batas ada baiknya urungkan saja niat berlangganan Netflix, lebih baik nunggu torrent atau nonton di bioskop. Namun, untuk kamu yang sudah berlimpah koneksi dan kuota, maka Netflix jelas jadi pilihan utama!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY