Images Recognition on Google Translate

22

Apakah Google Translate itu?
Google Translate atau Google Terjemahan adalah layanan penerjemahan gratis dan instan.
Sampai saat ini GT mencakup 64 bahasa yang berbeda. Google Translate dapat menerjemahkan kata, kalimat, dan laman web untuk kombinasi bahasa apa pun yang didukungnya. Dengan adanya GT segala informasi dapat dimengeri oleh banyak khalayak.

Bagaimanakah cara kerjanya?
Hasil Google Terjemahan didapat dari pencarian dan pencocokan berbagai pola di ratusan juta dokumen yang digunakan untuk memutuskan terjemahan mana yang terbaik bagi Anda. Dengan mendeteksi pola dalam berbagai dokumen yang telah diterjemahkan oleh penerjemah manusia, maka Google Terjemahan dapat menebak dengan cerdas terjemahan apa yang tepat.

Mengingat penerjemahan dilakukan oleh mesin, hasilnya tidak selalu sempurna. Semakin banyak dokumen hasil terjemahan manusia yang dianalisis oleh
GT, semakin baik pula mutu terjemahannya. Oleh karena itu, terkadang keakuratan terjemahan antarbahasa akan beragam.

Lalu apa Images Recognition di GT?
Image recognition GT merupakan fitur baru untuk versi mobile (Android), fitur ini akan membantu kita untuk menterjemahkan tulisan dari foto yg kita ambil. Sebagai gambarannya adalah google translate akan mencoba membaca setiap tulisan yang ada pada foto yg kita ambil kemudian akan menterjemahkannya dalam bahasa yang kita inginkan. Image recognition dapat dinikmati pada GT versi terbaru untuk pengguna Android. Berikut saya buat contoh sederhana :

Google Translate

Gambar diatas merupakan antarmuka GT pada android, terlihat tampilan tersebut terbagi dua. Bagian atas merupakan area terjemahan; bagian bawah merupakan images hasil capture melalui camera. Agar GT dapat melakukan recognize gambar, maka kita dapat melakukan highlight ke tulisan yang tertera pada gambar. Jika tepat, maka otomatis GT dapat menterjemahkan kata yang kita highlight. Hasil recognize sangat dipengaruhi oleh hasil capture foto, semakin jelas maka akan semakin mudah di terjemahkan.
Contoh lainnya untuk image yg memiliki tulisan lebih jelas ;
image

Ini merupakan fitur yg fantastis. Selain merupakan salah satu kecanggihan teknologi,  fitur ini pastinya akan sangat membantu bagi kita yang masih belajar mengenai bahasa. so, please say thanks to google ! 😀

Ok, sekian dulu ah,  bai bai….

salam,…

Referensi;
– translate.google.com/about
– wikipedia.com keyword: Google Translate

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY