Post Tags menjadi Meta Keywords WordPress

132

Setiap artikel post biasanya disertai dengan tags. Para menulis akan menyertakan tags agar mudah mengkategorikan jenis artikel dan menjadikannya sebagai keywords bagi tulisan tersebut. Dengan adanya tags tersebut diharapkan setiap artikel atau tulisan dapat ditemukan mesin pencari dengan keywords yg sesuai tags. Lalu apa hubungannya dengan meta keywords ?

Berdasarkan pengetahuan saya yang seadanya ini, bahwa meta keyword pada sebuah website itu dapat meningkatkan nilai SEO web tersebut. Cerita nya setiap keyword itu dapat membantu ditemukannya website anda. Meta keyword adalah tags html yang letaknya di antara head, biasanya dituliskan begini:

Nah kalau misalnya tags post kita secara otomatis dapat dijadikan meta keywords, bukankah itu dapat membantu SEO blog kita di mesin pencari. Betul ga tuh?

Lalu bagaimana cara membuat tags post secara otomatis menjadi meta keywords? 

 

Oke, let’s make it :

Mari sedikit belajar cara menggunakan fungsi- fungsi yang sudah disediakan  WP. Kali ini kita hanya akan menggunakan satu fungsi, yaitu get_tags . Kode tersebut kita sematkan pada file header.php . File ini harusnya sudah include disetiap themes yang kita pakai, letaknya biasanya pada direktori wp-content/namathemes/header.php.

Kalau sudah ketemu file tersebut, lalu kita ubah sedikit kode bagian tags headnya, khususnya bagian meta tags. Cara cukup sederhana, yaitu

  1. Load semua tags dengan fungsi get_tag,
  2. Kemudan kita parsing menggunakan separator koma
  3. Hasil parsing letakan pada meta keywords  dan selesai.

Anda bisa memilih salah satu cara dibawah ini :

 

Hasilnya saya contohkan dari halaman web ini, maka hasilnya akan seperti ini :

 

Nah, ternyata Cukup mudah bukan?

Well, cukup sekian dulu belajar kita. Semoga membantu dan bermanfaat.

 

Salam

 

 

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY