Peraturan offside terbaru di Liga Inggris 2015/2016

805

Sepakbola | Liga Inggris – Beberapa hari menjelang bergulirnya Liga Inggris tampaknya persiapan mulai banyak dilakukan. Salah satu persiapan itu adalah diumumkannya peraturan offside baru yang akan diberlalukan pada musim ini 2015 / 2016. Peraturan offside terbaru ini akan sedikit mempengaruhi pada klub yang terbiasa menggunakan offside trap saat menyerang, saat menyerang lho bukan saat bertahan. Nah kira kira apa yang diubah ya?

Berdasarkan informasi dari fan page United Army. Peraturan offside baru liga inggris musim 2015/16.

Intinya pemain sudah dapat dikatakan offside apabila secara jelas memberi dampak pada kemampuan lawan memainkan bola.

Memberi dampak yang dimaksud adalah baik seperti menyentuh bola atau tidak menyentuh bola yang menyebabkan terciptanya gol. Hal tersebut mengecoh pemain lawan dalam bereaksi terhadap laju bola, maka hal tersebut dikatakan offside.

Contohnya adalah gol tendangan bebas Juan Mata yang terlihat mengenai kepala Marcos Rojo yang sudah berada dalam posisi offside tapi wasit tetap mengesahkannya karena tidak mengenai kepala Rojo. Musim ini jika terjadi seperti itu lagi gol tidak akan disahkan. Mengapa? Pertama Rojo sudah berada dalam posisi offside, kedua Rojo sangat hampir dapat menyentuh bola dan hal tersebut mempengaruhi atau berdampak pada kiper untuk bereaksi terhadap bola, kecuali bola jaraknya masih cukup jauh dari jangkauan kepala Rojo meski ia berada dalam posisi offside itu akan tetap gol.

Contoh lain lagi adalah apabila ada seorang pemain yang sedang dalam posisi offside diberi umpan dan ia membiarkan saja bola tersebut seperti biasa, namun saat bola diambil lawan pemain tersebut langsung mengejar lawan tersebut yang menyebabkan adanya tekanan yang secara jelas mengganggu lawan memainkan bola maka pemain tersebut langsung dinyatakan offside.

Contoh lain, seperti situasi sebelumnya pemain dalam posisi offside diberikan umpan dan dia berhenti untik membiarkan bola lewat dan kali ini diambil rekannya yang berlari dari belakang, lalu rekannya menggiring bola ke depan dan berhasil mencetak gol maka itu tidak offside, namun apabila rekannya mengembalikan bola ke pemain yang sebelumnya berada dalam posisi offside dan gol maka gol tidak sah karena pemain tersebut berlari dari posisi offside.

Contoh terakhir diatas cukup sering terjadi dibeberapa permainan di Liga Inggris. Nah jika musim lalu banyak gol yang berbau offside, kira kira bagaimana dengan musim ini? Apakah para pemain akan kesulitan beradaptasi atau jangan jangan wasitnya sendiri malah bingung menerapkan aturan ini. Ha-ha.

Yang jelas apapun aturannya, kontroversi akan menjadi sebuah bumbu manis sepakbola. Dan kita akan menikmatinya…

Salam olahraga!

Sumber : Fan Page United Army

LEAVE A REPLY