Cara Mengatasi musik YouTube yang terkena Copyright

YouTube | pixabay.com

Teknologi | YouTube – Halo semua~.  Melanjutkan bloging soal bermain monetize di YouTube. Kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai mengatasi musik pada video YouTube yang terkena pelanggaran hak cipta atau copyright. 

Pengalaman ini saya dapatkan setelah saya mendapati salah satu video yang pernah saya unggah di YouTube mendapatkan tanda Matched third party content. Jika kawan-kawan mengalami macam ini, maka tidak perlu panik. Mari kita baca pelan-pelan aturan yang diberikan YouTube perihal pelanggaran copyright ini.

Pertama mari kita kenali bagaimana hak cipta (copyright) itu bekerja, Hak cipta adalah Ketika seseorang membuat karya asli yang ditetapkan dalam media fisik, maka secara otomatis dia memiliki hak cipta atas karya tersebut. Pemilik memiliki hak eksklusif untuk menggunakan karya tersebut dengan cara tertentu.

Apa saja yang termasuk dalam lindungan copyright ?

  • Karya audio visual, seperti acara TV, film, dan video online
  • Rekaman suara dan komposisi musik
  • Karya tulis, seperti kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
  • Karya visual, seperti lukisan, poster, dan iklan
  • Video game dan perangkat lunak komputer
  • Karya drama, seperti sandiwara dan drama musikal

Sementara itu Ide, fakta, dan proses tidak tunduk pada hak cipta. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan hak cipta, suatu karya harus kreatif dan ditetapkan dalam media yang jelas. Nama dan judul tidak tunduk pada hak cipta.

Jika dalam Video yang kita unggah ada yang menyertakan musik ciptaan orang lain dan musik tersebut tidak berlisensi bebas, maka ada kemungkinan video kita akan terkena pelanggaran hak cipta. Hal tersebut bisa menyebabkan kita terkena klaim Content ID dari pemilik resminya. Klaim content ID itu tidak hanya sekedar musik saja, hal-hal yang seperti tercantum pada pada jenis konten hak cipta bisa saja menjerat video anda dalam pelanggaran ini.

Apa yang terjadi pada video dan akun YouTube saya jika terkena pelanggaran claim conten ID?
Berdasarkan yang saya baca dari halaman peraturan YouTube, sebenarnya klaim content ID ini bukanlah hal yang buruk untuk akun YouTube kita. Klaim ini bisa diartikan sebuah teguran dari YouTube bahwa di video kita terdapat content atau materi karya orang lain.

Segala keputusan sebenarnya terletak pada pemilik materi yang anda pakai itu, segala keputusan klaim terserah pada si pemilik materi asli tersebut. Ada beberapa opsi yang dimiliki para pemilik materi asli tersebut. Biasanya mereka pemilik materi asli akan membiarkan anda menggunakan materi mereka pada video anda, namun sebagai imbalan mereka akan memasang iklan pada video anda tersebut.

note : jika video kita terkena klaim content ID maka kita tidak bisa memasang iklan disana, tapi sebaliknya pemilik asli dari content yang kita gunakan justru bisa memasang iklan pada video anda. 

Para pemilik materi juga dapat melakukan blok video, mereka dapa mematikan musik yang anda gunakan dan mereka juga dapat melakukan blok video anda dari berbagai aplikasi, wihh serem yak ? he-he

Apa yang dapat saya lakukan jika video saya terkena klaim conten ID ?
Beberapa hal bisa kita lakukan pada video kita yang terkena conten ID ini, semua tergantung pada anda. Beberapa pilihan itu antara lain :

  1. Mengakui klaim: Nah pilihan ini adalah pilihan pasrah. Bila kita setuju dengan klaim ini, maka kita tidak perlu melakukan apa-apa terhadap video kita.
    Membuang musik: Nah ini adalah cara yang biasa dilakukan, jika kita terkena Conten ID ini kita diberi tools oleh YouTube untuk menghapus lagu tersebut tanpa harus melakukan upload ulang. Hebatnya lagi tools ini mampu menghapus hanya pada materi yang di klaim.
  2. Menukar musik: Setelah cara membuang lagu diatas, selanjutanya adalah menukarnya dengan lagu yang sudah disediakan oleh YouTube. Ada banyak ribuan lagu yang disediakan YouTube, dan kita tak perlu khawatir akan lisensi.
  3. Berbagi pendapatan: Nah ini adalah yang biasa dilakukan oleh pada pelaku cover musik. Jadi mereka yang melakukan cover musik itu dapat melakukan solusi ini, yaitu berbagi profit pendapatan mereka dengan pemilik aslinya. Lain kali kita bahas mengenai ini bro.
  4. Menyengketakan atau mempermasalahkan klaim: Solusi ini bagi anda yang merasa memang memiliki ijin atas content yang anda gunakan atau YouTube salah dalam mengindentifikasi video anda. Tapi hal kayaknya jarang deh yah hehehe.

Dari 4 solusi diatas saran saya anda melakuan solusi pada poin satu dan dua. Dengan begitu anda dapat saya dapat memasang iklan kembali pada video tersebut.

Contoh halaman klaim Conten ID
Contoh halaman klaim Conten ID

Untuk melakukan langkah solusi diatas silakan anda menuju Video Manager pada dashboard YouTube dan kemudian mengedit bagian video yang terkena peringatan. Selanjutnya ikuti saja perintah disana maka semua akan beres dan kembali seperti sediakala dimana kita terangkai bersama (sing ) .

Sekian dulu berbagai pengalaman saya. Bertemu lagi pada artikel selanjutnya tentang tips lainya. Jangan lupa baca artikel lain saya tentang Tips Agar akun YouTube tidak terkena Banned disini atau bagaimana membuat logo branding pada Video YouTube anda disini.

sekian!

Penawaran Khusus! Meizu M2 Smartphone 2 GB 16 GB Garansi Resmi

Dapatkan! Meizu M2 Smartphone

Hanya Rp 1,899,000 

Rp 2,199,000 14% OFF

Meizu M2 via blibli.com
Meizu M2 via blibli.com

  • OS : Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • CPU : Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
  • Memori : Internal 16 GB & RAM 2 GB
  • Kamera : Belakang 13 MP & Depan 5 MP
  • Layar : 5.0 Inch, 720 x 1280 piksel


Incoming search terms:

cara menghilangkan hak cipta di youtube.  cara menghilangkan hak cipta pada video.  https://gulangguling com/2015/08/04/cara-mengatasi-musik-youtube-yang-terkena-copyright/.  karena masalah hak cipta konten tidak dapat diunduh.  cara mengatasi hak cipta di youtube.  cara menghindari copyright youtube.  cara menghilangkan copyright video.  cara menghilangkan copyright di youtube.  menghindari hak cipta youtube.  cara menghindari hak cipta youtube.  cara mengatasi copyright instagram.  karena masalah hak cipta konten tidak bisa diunduh.  kenapa video di youtube dispute.  cara mengatasi masalah audio copyright di youtube.  cara mengatasi hak cipta youtube.  cara mengatasi copyright youtube.  cara menghindari copyright di youtube.  cara agar tidak kena copyright.  cara agar tidak kena copyright di youtube.  cara upload video youtube tanpa copyright.  cara agar tidak terkena copyright.  cara agar video tidak kena hak cipta di YouTube.  cara menghapus hak cipta lagu.  cara supaya download lagu tidak kena copyright.  cara agar videi yang diupload diyoutube tidak terkena copy right#spf=1.  Cara Agar Video Youtube tidak kena copyright.  karena masalah.  cara mengupload film ke youtube tanpa kena hak cita.  cara upload video agar tidal kedetect copyright youtube.  cara maen gta V pc biar ga kena copyrigt yt.  cara upluad video youtube tanpa kena hak cipta.  cara upload video yang ada musik.  cara agar musik tidak copyright.  lolos audio copyright youtube.  cara menyertakan credit hak cipta di youtube.  masalah copyright youtube monetize.  kena copyright di youtube.  agar tidak terkena copyright.  agar tidak terkena copyright youtube.  cara atasi video youtube yang terkena hak cipta.  cara mensowbload video di youtube jika muncul tulisan karena hak cipta konten tidak dapat di unduh.  memvuat musik agar tidak kena copyright di youtube.  cara ampuh menghilangkan copyright di youtube.  cara menghilangkan hak cipta di instagram.  Cara lolos copyright youtube.  kena copyright.  hak cipta lagu di youtube.  mengatasi copyright youtube.  lagu yang gak kena copyright.  apakah lagu yang dipercepat dapat menghilangkan copyright?.  

 

Penawaran! Xiaomi Yi Action Camera - 16 MP - Hijau

Dapatkan Xiaomi Yi Action Camera dengan harga yang murah dari Lazada:

Harga : RP 989.000
Sebelum RP 1.799.000Diskon 45%

Xiaomi-yii-camera

  • 16MP
  • Action Camera Terbaik
  • Memory Hingga 64GB
  • Battery 1010 mAh

Sumber : YouTube Support

 



Incoming search terms:

cara menghilangkan hak cipta di youtube.  cara menghilangkan hak cipta pada video.  https://gulangguling com/2015/08/04/cara-mengatasi-musik-youtube-yang-terkena-copyright/.  karena masalah hak cipta konten tidak dapat diunduh.  cara mengatasi hak cipta di youtube.  cara menghindari copyright youtube.  cara menghilangkan copyright video.  cara menghilangkan copyright di youtube.  menghindari hak cipta youtube.  cara menghindari hak cipta youtube.  cara mengatasi copyright instagram.  karena masalah hak cipta konten tidak bisa diunduh.  kenapa video di youtube dispute.  cara mengatasi masalah audio copyright di youtube.  cara mengatasi hak cipta youtube.  cara mengatasi copyright youtube.  cara menghindari copyright di youtube.  cara agar tidak kena copyright.  cara agar tidak kena copyright di youtube.  cara upload video youtube tanpa copyright.  cara agar tidak terkena copyright.  cara agar video tidak kena hak cipta di YouTube.  cara menghapus hak cipta lagu.  cara supaya download lagu tidak kena copyright.  cara agar videi yang diupload diyoutube tidak terkena copy right#spf=1.  Cara Agar Video Youtube tidak kena copyright.  karena masalah.  cara mengupload film ke youtube tanpa kena hak cita.  cara upload video agar tidal kedetect copyright youtube.  cara maen gta V pc biar ga kena copyrigt yt.  cara upluad video youtube tanpa kena hak cipta.  cara upload video yang ada musik.  cara agar musik tidak copyright.  lolos audio copyright youtube.  cara menyertakan credit hak cipta di youtube.  masalah copyright youtube monetize.  kena copyright di youtube.  agar tidak terkena copyright.  agar tidak terkena copyright youtube.  cara atasi video youtube yang terkena hak cipta.  cara mensowbload video di youtube jika muncul tulisan karena hak cipta konten tidak dapat di unduh.  memvuat musik agar tidak kena copyright di youtube.  cara ampuh menghilangkan copyright di youtube.  cara menghilangkan hak cipta di instagram.  Cara lolos copyright youtube.  kena copyright.  hak cipta lagu di youtube.  mengatasi copyright youtube.  lagu yang gak kena copyright.  apakah lagu yang dipercepat dapat menghilangkan copyright?.  

41 COMMENTS

  1. artikel yang sungguh menarik mas, mau tanya ni mas;

    bagaimana carane meng hak cipta video yang sudah di upload dan di monetise? karena saya sudah meng upload video yang sudah di monetise, tapi video tersebut bisa di re upload dan bisa di monetise ulang oleh orang lain.
    pertanyaan kedua, apakah video yang kontennya lirik lagu bisa di monetise?

    terima kasih (video yg saya upload adalah video abu abu alias yang penghasilannya $0,00) blm ada ide kreatif untuk membuat video.

  2. Mas, tadi saya kan upload video nah di videonya itu saya make lagu avicii trus kena deh pelanggaran copyright ini. Trus saya ikutin cara mas yg nomer satu (di diemin aja), tapi udah nunggu setengah jam video gak bisa di play di aplikasi youtube mobile, tulisannya “this video is not available”. Tapi pas saya play dari komputer bisa gimana itu ya mas biar bisa di play di HP

  3. saya upload video buatan saya sendiri ko tetap masih dapat teguran hak cipta, video saya tentang tutorial coreldraw tanpa suara,
    tapi ko tetep dpat teguran kaya gituh.
    itu kenapa ya.

    • Teguran seperti apa yang anda dapat ? jika berkenan silakan diinfokan di sini jenis pesan teguran dari YouTube, nanti coba kita analisa pelanggaran apa yang telah terdeteksi dari YouTube.
      Thanks

      • Bagus banget tulisannya mas, informatif.

        Saya mau tanya. Saya upload video dan mendapat banyak viewer. lalu video saya banyak yang di re-upload orang lain bahkan viewernya lebih banyak dari pada di akun youtube saya dan muncul iklan. VIdeo ini sudah berhasil saya monetisasi tapi masih muncul iklan di akun youtube video orang lain itu. Apakan setelah saya lakukan langkah ‘monetisasi’ ini sudah termasuk mengklaim hak cipta pada video saya? Dan iklan yang masuk di video saya pada akun youtube orang lain pendapatannya masuk nya ke akun saya atau ke orang tersebut? terima kasih.

        • Terimaksih telah berkunjung. Perlu diketahui bahwa melakukan ‘monetasi’ pada video Anda belum termasuk melakukan klaim apapun. Dengan begitu maka sudah pasti pendapatan yang didapat orang lain tidak masuk ke akun Anda.

  4. pak mau tanya,mengapa lirik orang lain (misalnya lirik maroon5 – sugar) bisa memutar audionya ya? mengapa saya membuat lirik nya sama judulnya tetapi audionya tidak bisa diputar karena melanggar hak cipta..(kalau mereka bisa ,mengapa audio saya tidak bisa diputar ya? apa lagunya harus di edit dulu ya agar tidak melanggar hak cipta?

    • Hallo Omega,

      Sejauh pengetahuan kami, menggunakan audio milik orang lain untuk digunakan ulang pada Video anda di YouTube merupakan salah satu pelanggaran, kecuali anda sudah memiliki ijin dari pemilik aslinya.
      Mengenai pertanyaan anda : Mengapa audio pada video yang dibuat teman anda tidak bermasalah ? Menurut kami ada beberapa kemungkinan, yang pertama bisa jadi dia memiliki ijin tapi itu sepertinya belum mungkin ya?
      kemungkinan kedua lagu yang dia pasang sudah tidak seperti lagu aslinya atau hasil cover musik, kemungkinan terakhir teman anda sedang beruntung. hehe

      Salah satu sumber dari informasi ini kami dapat dari forum bantuan YouTube. Ada user yang mempertanyakan hal yang sama dengan anda, dan jawabannya penggunaan audio tanpa ijin itu memang tidak diperbolehkan di YouTube. Silakan meluncur ke halaman ini , halaman ini dan ini.

      Berdasarkan yang kami tahu, YouTube memang sangat aware terhadap aturan penggunaan karya orang lain, salah satunya adalah audio atau musik didalam video tersebut. Jika anda sudah terdeteksi melanggaran aturan tersebut, maka anda akan diminta untuk mengganti audio didalamnya.

      Saran saya jika anda ingin tetap membuat video lirik di YouTube maka sebaiknya jangan gunakan musik aslinya, namun cover musik-nya sendiri. hal tersebut diperbolehkan jika anda melakukan cover musik sendiri. Silakan baca artikel kami tentang cover musik YouTube disini. Namun perlu diingat bahwa tidak semua musik atau lagu bisa anda cover dan di monetize dengan bebas, sebaiknya anda mencari lagu-lagu yang memberikan ijin untuk sharing revenue untuk di cover. Anda dapat menemukan lagu-lagu yang memiliki ijin penggunaannya pada halaman Music Policies ini.

      Kira kira begitu informasi yang bisa kami bagikan, Terimakasih telah berkunjung.

      Salam, …

      • asslamualaikum
        ok mas saya juga mau bertanya dan mau manggapi jawawan anda
        yang di atas mas bilang (” kemungkinan kedua lagu yang dia pasang sudah tidak seperti lagu aslinya atau hasil cover musik”)
        tapi mas masi banya yg membuat video lyric lagu menggunakan lagu asli nya dan musik nya masih sama tidak ada unsur pengeditan di song nya ..
        saya juga bingung bagai mana mereka mengupload nya tampa kena cekal atau melanggar hak cipta ,, saya minta solusi nya mas

  5. Hallo pak,,ada 2 hal yg mau saya tanyakan seputar youtube.

    1. Saya ini pemula, dan tidak tau hal2x dasar apalagi istilah khusus terkait youtube. Utk referensi awal, kira2x bapak bisa berikan saya rekomendasi artikel/ sumber yg bsa saya pelajari soal youtube dsb?

    2. Saya mendpat laporan dri teman. Beberapa video dia tiba2x hilang/ sudah tdk tersedia. Ceritanya dia selalu download vidio ajang pencarian bakat spt *indonesian idol,,setelah didownload dia publish ulang di akun pribadinya. Dan vidio itu sudah tayang hampir 1 tahun lebih. Tpi beberapa minggu lalu, video2x yg pernah dia unggah tiba2x hilang.bahkan vidio yg sdah diedit itu jga hilang…teman saya berpikir itu perbuatan org2x jahil/ gak bertanggung jawab..kebetulan artis/ talent ini banyak disukai..bahkan viewer nya ada yg lbh 800ribu,,katanya ada org iri gtu..
    ..
    Sebenarnya apa yg terjadi dg kasus teman sya itu?
    Mengapa ini bsa terjadi? Apa mungkin ada pihak ke3 [semacam hacker] yg melakukannya?
    Bagaimana, mensiasati kasus seperti ini?
    ..
    Informasi dan saran sangat berarti bagi saya. Trimakasih utk bantuannya pak.

    • Bantu jawab, kalo itu biasanya kena copyright dan langsung dari pihak YouTube menghapus itu video, sebenernya hoki hokian soal upload video yang bukan original dari kita, kadang kena copyright kadang juga bisa lolos, tapi yaa intinya di YouTube jangan asal download dan upload. Sebenernya download video orang lain dari YouTube itu dilarang. Itu aja yang saya tau

    • Memang sebenarnya untuk take down video itu hak sepenuhnya YouTube. Setau saya, YouTube akan otomatis mendeteksi video-video yang menggunakan resource melanggar copyright. Beberapa Video memang terlihat lolos dari seleksi copyright, namun tidak sedikit juga video yang otomatis dihapus oleh YouTube.

      Seperti yang dijawab oleh pak Ilham Patria Syah, intinya hati-hatilah download dan upload video dari dan ke YouTube. Dan pastinya upload video miliki orang lain memang bentuk pelanggaran copyright.

      Untuk refernsi dan bantuan mengenai YouTube, saya lebih suka merujuk ke support resminya disini: https://support.google.com/youtube/?hl=en#topic=4355266

  6. ada cara lain ga mas biar video kita yang di uploud tidak terkena hak cipta, meskipun kita edit masih aja ttp kena dan kira 2 software apa yang bagus dan recommed untuk edit video mas…tapi makasih atas info dan saran nya..makasih

    • Kita tidak bisa menghilangkan Video yang menggunakan Audio milik orang lain. jika terdapat musik/Audio milik orang lain, maka YouTube secara otomatis akan mendeteksi copyright. Satu-satunya cara menghilangkan copyright dari Audio adalah dengan mengganti atau menghapus audio tersebut. Sayangnya, pada kasus Anda hal tersebut tidak mungkin dilakukan, karena game guitar hero sudah pasti menggunakan musik orang lain.

      Saran saya, coba mainkan guitar hero pada musik yang tidak begitu terkenal, siapa tau lolos copyright, atau jika memungkinkan coba compose musik sendiri.

      IMHO

    • Yang akan terjadi ketika Anda mengakui klaim adalah segala penghasilan dari video Youtube Anda akan menjadi pemilik asli dari konten video yang Anda gunakan.

      Video Anda akan tetap dapat dinikmati dan tetap tayang di YouTube, hanya saja monetize nya milik dari pemilik asli konten yang anda pakai.

      Semoga membantu…

  7. Banyak yg upload video editan film animasi yg copyright,ketika saya coba edit ternyata saya kena teguran lewat email,apakah mungkin video2 yg saya lihat di youtube itu juga melanggar hak cipta dan tdk monetisasi? Padahal viewernya banyak.
    Bagaimana menurut anda,mohon penjelasan !!
    Trim’s

    • Bisa jadi video yang Anda lihat itu juga terkena pelanggaran copyright. Sekalipun ada iklan yang muncul pada video tersebut, biasanya itu justru akan masuk sebagai pendapatan sang pemilik copyright aslinya.

      Beberapa trik yang saya lihat, biasanya para uploader mengedit video tersebut dengan membuat frame-ing pada video, misalnya gambarnya dikecilkan dan sebagainya untuk menghindari copyright. Namun saya pribadi belum pernah melakukan hal tersebut.

      Saran saya : sebaiknya tetap pakai konten sendiri agar tidak bermasalah dengan copyright. Namun memang untuk membuat dan membangun konten Youtube sendiri itu tak mudah, saya juga masih belajar gan.
      Semoga menjawab pertanyaan Anda ya.Salam sukses gan.

  8. Mas numpang nanya, bagaimana dengan video pembelajaran yang dibuat dengan power point dimana disitu ada beberapa gambar yang saya ambil dari internet karena tidak mungkin saya mengambil sendiri gambar dengan kamera. Gambar-gambar tersebut saya jadikan animasi untuk video pembelajaran. Apakah video yang saya upload tersebut termasuk pelanggaran hak cipta? Mohon pencerahannya. Trima kasih

    • Wah kalau ini kami sendiri belum berpengalaman, terlebih untuk video pembelajaran yang berisi konten gambar dari tempat lain.

      Kalau berkenan silakan dicoba upload saja, Kami rasa youtube akan memberikan pesan jika hal itu memang melanggar. Jangan lupa berbagi pengalamannya disini ya kak. Kami tunggu informasinya.

      Salam.

  9. kak saya kn new di YT, jdi saya blum trlalu paham dn saya tdk tahu . saya upload video yg saya unduh di slah satu situs trus kena klaim konten hak cipta dan videonya di cekal stlh saya masuk ke akun YT ku video nya udah gk ada . apa itu gak papa? apa video nya hilang permanent ?

    • Itu ngga apa-apa. Lain kali jangan upload video sembarangan, terlebih itu bukan milik atau karya pribadi.
      Masih untung hanya videonya saja yang hilang, karna bisa jadi akun youtube Anda hilang jika melakukan pelanggaran seperti itu lagi.

      Semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung.

  10. hallo selamat siang, mau tanya mas, beberapa hari yang lalu saya melakukan rekaman video lewat apliaksi camtasia, acara sepakbola, lewat streaming, tapi setelah saya upload terkena copy right/block, yg ingin saya tanyakan, apakah akun saya terkena blog juga, atau cuman video yang terkena cpoy right saja. mohon pencerahannya.

    • Sepanjangan pengalaman kami, Ketika video seseorang di block atau terkena violation copyright maka biasanya yang terkena hanyalah videonya saja. Namun jika akun YouTube Anda sering mengalami complain atau pelanggaran terkait copyright ini bisa juga menyebabkan block seluruh akun.

      Sebenarnya menurut kami, ketika Anda mencoba recording siaran sepakbola dan melakukan upload ulang ke YouTube itu adalah pelanggaran Copyright. Kenapa begitu? Karena acara sepakbola yang disiarkan adalah hak milik Televisi tersebut. Jadi akan sedikit berbahaya jika Anda tetap melakukan reupload untuk video itu ke YouTube.

      Saran saya jika Anda tetap ingin melakukan upload ulang video tayangan sepakbola, maka ada baiknya meniru beberapa trik uploader youtube lainnya, seperti memperkecil ukuran layar, atau bahkan memperbesar layar agar tidak terkena auto block dari YouTube, namun itu bukan jaminan lho..

      Selepas dari saran kami diatas, kami sendiri belum banyak pengalaman dalam bidang re-upload acara siaran sepakbola ke YouTube, kami lebih suka menghindari hal seperti itu untuk menjaga agar tidak terkena block.

      Salam, semoga membantu dan selemat berkarya…

  11. mas, mau nanya soal claim copyright

    pertama:
    barusan upload video kena claim audiovisualnya menit 6:38-7:11
    mau ngikuti langkah ke-2 tapi kok ga ada fitur “remove song” seperti gambar diatas ya mas?
    apa harus nunggu beberapa hari dulu baru keluar itu fitur “remove song” nya?

    kedua:
    klo video yang saya upload kena claim copyright, apakah aman langsung saya hapus?
    kira2 klo ga aman apakah akan berdampak ke akun atau cuma di video saja?
    dan jika sudah saya hapus lalu saya upload ulang dengan mengilangkan content yang kena copyright tadi bagaimana mas?

    terimakasih kiranya sudi menjawab pertanyaan nubie yang hina ini.

LEAVE A REPLY