Apa saja fitur Android M Marshmallow

119

gulangguling.com | Teknologi – Android M secara resmi diperkenalkan oleh Google dengan nama Marshmallow. Seperti biasanya, Google memberi nama Sistem Operasi Android dengan nama-nama makanan, dan untuk versi 6.0 ini Google memilih menggunakan nama Marshmallow. Marshmallow atau manisan kenyal adalah makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dalam berbagai bentuk, aroma dan warna.

Munculnya android versi 6.0 ini mengundang sebuah pertanyaan yaitu apa saja sih fitur terbaru dari Android M ini? Pada ajang Google I / O 2015 Google telah mengenalkan Developer Preview dari Android M. Versi Developer Preview ini memang belum versi final, namun setidaknya pada versi ini sudah ada tanda-tanda fitur baru yang akan diusung oleh Android Marshmallow ini. Beberapa fitur yang dikenalkan pada Android M antara lain seperti native fingerprint support, Android Pay, Now on Tap, App Permissions, dan lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa penjelasan mengenai kelebihan fitur yang ada pada Android M

Fingerprint Support

Android M akan memiliki dukungan Fingerprint yang dapat diterapkan dengan menggunakan satu set standar dan Open API yang bekerja secara konsisten di berbagai perangkat dan sensor. Fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai penunjang security atau keamanan. Dengan adanya fitur ini para developer juga dapat memanfaatkannya sebagai alat untuk mendukung transaksi yang membutuhkan security yang lebih.

Doze

Fitur Doze pada Android M ini ada untuk menciptakan penggunaan daya baterai yang lebih efektif dan efisien. Fitur ini bekerja dengan mendeteksi gerakan. Misalnya, jika Anda tidak menggunakan perangkat Android Anda dalam beberapa saat kerena tertidur misalnya, maka fitur Doze ini secara otomatis akan aktif.

Android Pay

Seperti halnya Google Wallet, Android Pay juga merupakan sebuah fitur pembayaran NFC , yang memungkinkan siapa pun dengan perangkat Android untuk membayar setiap transaksi yang tersedia di toko-toko mitra Google. Tapi tidak seperti Google Wallet, Android Pay harus dilakukan instalasi terlebih dahulu.

Google Now On Tap

Kecanggihan tersendiri yang dimiliki Android M yakni dapat menerjemahkan suara pengguna dengan menggunakan fitur Google Now. Semacam Siri atau Cortana?

Two-Way Charging

Two-Way Charging, pada Android M mendukung USB Tipe-C. Dengan dukungan tipe ini maka memungkinkan perangkat Android M untuk melakukan pengisian daya untuk ponsel android lainnya. Singkatnya bisa jadi Portable Charger. Selain itu, dengan USB tipe ini memungkinkan pengisisan baterai lebih cepat hampir 3 sampai 5 kalinya.

Perbaikan Bug

Lock Screen Message : Memungkinkan siapa saja dapat menampilkan pesan yang disesuaikan pada Lockscreen. Sebelumnya, pengguna hanya dapat menampilkan nama pengguna saja pada Lockscreen
Volume Control : Volume Control pada Android M hadir dengan menu dropdown yang memungkinkan pengguna dapat mengontrol ringtone, media dan volume alarm langsung dari Control Bar.
Do not Distrub : Merupakan fitur Auto-Silent yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan aturan atau membatasi pemberitahuan pada hari atau waktu tertentu.
App Notifications : Akan memberikan pengguna kontrol yang lebih atas apa dan di mana pemberitahuan ingin ditampilkan, termasuk apa yang Anda lihat dalam layer Notifications yang terletak di atas layar.
USB Configuration : Memungkinkan pengguna untuk mengatur konfigurasi default untuk USB yang terpasang ke perangkat.

 

Nah itulah mengenai kelebihan fitur pada Android M. Lalu kira kira apakah kamu mau mencobanya?

 

sumber : www.hongkiat.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY