Daftar Komposisi Kolesterol Bahan Makanan

131
Gambar Makanan via pixabay

Berkunjung ke salah satu lab ternama di kota kami, dan menemukan leaflet menarik yang cukup informatif untuk dishare ke khalayak ramai. Terutama untuk Anda yang concern dengan asupan untuk tubuh yang sehari-hari kita konsumsi.

Berikut ini adalah Daftar Makanan yang mengandung Kolesterol dan Anjuran makannya :

Makanan Kadar Kategorl 
(per 100 g) Cholesterol (mg) (Anjuran)
Putih telur ayam 0 Sehat
Daging ayam tanpa kulit 60 Sehat
Daging bebek tanpa kulit 50 Sehat
Daging sapi tanpa gajih 70 Sehat
Daging kambing tanpa gajih 70 Sehat
Ikan 70 Sehat
Susu sapi full cream 85 Sesekali
Ham (daging asap) 98 Sesekali
Iga sapi 100 Sesekali
Daging sapi dengan gajih 125 Sesekali
Keju 100 Hati-hati
Sosis daging 150 Hati-hati
Kepiting 150 Hati-hati
Udang 125 Hati-hati
Kerang 160 Hati-hati
Belut 185 Bahaya
Coklat 290 Bahaya
Mentega 250 Bahaya
Jeroan sapi 380 Bahaya
Kuning telur 550 Bahaya
Jeroan kambing 610 Bahaya
Cumi-cumi 1170 PANTANG
Otak 2000 PANTANG

 

daftarmakanan

Melihat tabel daftar makanan ini rasanya, “waduh, kok enak semua!” Terbayang langsung segala jenis makanan dengan bahan utama daging dan seafood. Yang ternyata memberikan sumbangan kolesterol yang paling banyak. “Ah, kalau masih muda sih gak bakal kolesterol!” Nah, anggapan ini ternyata salah besar. Saat ini, penderita kolesterol bukan hanya dari kalangan usia senja saja, tapi mulai dari anak-anak sampai usia menengah juga bisa saja menderita kolesterol. Melihat dari asupan makanan, banyaknya jenis jajanan tidak sehat atau makan junkfood terlalu sering, bisa mengakibatkan kolesterol pada usia dini.

Pada hakikatnya kita perlu mengkonsumsi makanan yang bervariasi. Baik itu nabati ataupun hewani. Dengan porsi yang seimbang. Konsumsi makanan yang ada dalam tabel di atas menurut saya pribadi boleh-boleh saja, dengan menggarisbawahi syarat-syarat yang berlaku, yaitu: tidak berlebihan, tidak terlalu sering, dibarengi dengan konsumsi sayur dan buah yang berimbang, dan juga olahraga teratur. Menggenapi pola hidup yang sehat, mulai dari asupan makanan dan olahraga teratur.

Menjadi sehat adalah pilihan. Begitu pula dengan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Adalah pilihan kita untuk mengkonsumsi suatu makanan dengan segala resikonya. Karena Anda adalah makhluk hidup yang diciptakan cerdas, pasti tahu bagaimana menyikapi setiap pilihan kita.

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY