Benarkah Bumi Akan Gelap Gulita Selama 15 Hari di November ?

17006
gambar bumi via pixabay

GULANGGULING.com | Sosial Media – Lagi-lagi sebuah pesan dari group whatsapp menarik dibahas. Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai fenomena pesan hoax tentang lintasan sinar kosmik. Kali ini sebuah pesan broadcast yang sepertinya menimbulkan pertanyaan besar bagi saya, benarkah bumi akan mengalami gelap gulita selama 15 hari di bulan November?

Pesan ini kembali mengatasnamakan Nasa sebagai nara sumber utama, menurut pesan yang cukup panjang ini Nasa konon mengabarkan bahwa bumi akan mengalami blackout atau gelap gulita selama 15 hari dibulan November 2015.

Mendapati pesan yang begini saya selalu tertarik mencari sumber resminya. Dalam pesan tersebut sebenarnya mencantumkan beberapa link website, namun saya tidak percaya begitu saja dengan sumber tersebut dan tetap mencari sumber resminya.

Beberapa penelusuran dan pencarian (baca:Googling) tentang berita ini justru mengarah ke berita HOAX , tak ada sumber resmi dari Nasa yang benar-benar mengkonfirmasi bahwa bumi akan mengalami blackout. Dari hasil googling bahasa indonesia maupun bahasa inggris kebanyakan menghasilkan berita atau artikel yang menyatakan ini adalah berita palsu atau belum benar adanya.

Berangkat dari sumber yang tak ada dari website NASA saja, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa berita ini tidak benar dan belum dikonfirmasi resmi oleh pihak terkait. Situs Hoax Slayer sendiri menyatakan bahwa berita ini adalah Hoax dan belum benar adanya.

Sebelum kita teruskan googling, mari kita bahas beberapa link website yang terdapat dalam pesan yang beredar tersebut. Ada tiga link yang tercantung dalam pesan itu, pertama website berbahasa indonesia : http://binopay.net, lalu disusul dua website berbahasa inggris https://newswatch33.com dan http://www.truthorfiction.com. Dari tiga website yang berada disana kita kembangkan mencari sumber resminya.

Website pertama binopay.net ini sebenarnya tidak perlu dibahas, karena situs ini sama seperti situs ini yang belum bisa memastikan apakah sumber berita dan kebenaran berita tersebut.

Website kedua newswatch33.com, dari beberapa sumber yang saya baca, bahwa situs ini adalah situs penyebar berita palsu, silakan baca di website ini Hoax Slayer dan zeenews.india.com, kedua situs itu menuliskan :

The 15 day version of the false story has been published on various fake-news websites, including a site called NewsWatch33 that churns out an ongoing stream of nonsense gussied up as news. – Hoax Slayer

Newswatch33 has hoaxed social media users a number of times, such as a girl was electrocuted by her iPhone’s earbuds, Jay Z and Beyonce has purchased all rights of Confederate Flag and that the federal government had impregnated inexpensive cigars with listening devices. – zeenews.india.com

Website ketiga adalah http://www.truthorfiction.com, dalam tulisannya jelas sekali bahwa dia juga memberikan info tentang berita yang belum jelas. Jika pembaca teliti dibagian bawah dari artikel tersebut dia menuliskan begini : Morrison added that whenever you read about out-of-this-world claims that sound suspicious, it’s a good idea to search NASA’s website to confirm them. Yang kira kira artinya bahwa kita diminta mencari dari website Nasa untuk mengkonfirmasi kebenaran berita.

Well, dari beberapa sumber yang telah kita baca, untuk sementara ini saya menganggap berita ini adalah Hoax dan belum ada konfirmasi kebenarannya. Sekalipun berita ini benar, seharusnya ini sudah jadi isu yang serius dan bukan tersebar melalui Whatsapp atau sosial media saja.

Kejadian Bumi gelap selama berhari-hari itu adalah kejadian yang bisa membuat banyak perubahan pada ekosistem dan keseharian. Bisa dibayangkan jika selalu gelap? banyak hal yang mungkin bisa terjadi, kebiasaan tubuh kita saja mungkin berubah ketika hari akan terus-terusan malam.

Selepas ini benar-benar akan terjadi atau tidak, maka ada baiknya kita memang berserah diri kepadaNYA, segala yang terbaik memang sudah ditakdirkannya.

Format pesan yang beredar :

Ilmuwan NASA : Bumi Akan Mengalami Gelap Gulita selama 15 hari. 

http://binopay.net/artikel/ilmuwan-nasa-bumi-akan-mengalami-gelap-gulita-selama-15-hari

Washington DC. – Ilmuwan Nasa telah mengkonfirmasi bahwa bumi akan mengalami gelap gulita selama 15 hari pada tanggal 15 s/d 29 November 2015. NASA akan menunggu dan membuktikan apakah fenomena ini benar-benar terjadi.

Ilmuwan Astronomi NASA menyatakan bahwa bumi akan mengalami kegelapan total mulai hari Minggu, 15 November 2015 pada pukul 3:00 pagi dan berakhir
pada hari Senin, 30 November pukul 16:45 sore. Berdasarkan laporan resmi NASA pada bulan November akan mengalami gelap total yang disebabkan oleh pergerakan astronomi antara Jupiter dan Venus.

Charles Bolden yang ditunjuk sebagai direktur NASA oleh Presiden Barack Obama menerbitkan 1000 halaman dokumen yang akan diserahkan ke Gedung Putih.

Berdasarkan laporan NASA (26/10), Venus dan Jupiter akan membentuk pola pararel, hanya dipisahkan 1 derajat. Venus akan melewati arah Barat Daya Jupiter, sehingga menyebabkan Venus bersinar 10 kali lebih terang daripada Jupiter. Cahaya dari Venus akan memanasi gas pada Jupiter yang menyebabkan reaksi pada keduanya.

Reaksi gas tersebut akan melepaskan hidrogen dalam jumlah besar ke ruang angkasa yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Gas Hidrogen akan menyentuh matahari bumi diperkirakan pada pukul 2:50 pagi. Akibat kontak hidrogen dengan matahari akan menyebabkan ledakan besar pada permukaan matahari dengan peningkatan suhu 9000 derajat kelvin dalam waktu singkat.

Kemudian matahari akan mencoba menghentikan ledakan dengan cara memancarkan panas dari intinya (Gambar atas)

Panas dari inti tersebut akan menyebabkan matahari meredup dan berubah warna kebiru-biruan. setelah Matahari mencapai warna kebiru-biruan, proses tersebut akan memakan waktu sekitar 14 hari untuk mengembalikan suhu permukaan normal dan merubah kembali warnanya menjadi merah raksasa.

Selama matahari mendinginkan permukaannya, cahaya dari matahari akan lebih redup, karena proses tersebut memakan waktu 7 – 8 menit dan setengah menit tergantung pada rotasi bumi untuk mendapatkan cahaya dari matahari. Masyarakat tidak akan pernah tahu kejadian apa yang terjadi pada pukul 2:58 pagi pada tanggal 15 November.

Bolden telah mengadakan sebuah pertemuan khusus dengan staff Obama terkait informasi lebih lanjut mengenai kejadian “Blackout” atau gelap total. Bolden berkomentar, “Kita tidak mengharap dampak yang besar akibat kejadian Gelap Total atau Blackout ini. Dampak kejadian ini hanya berpengaruh pada bumi dengan peningkatan suhu 6 – 8 derajat. Ujung kutub paling banyak dipengaruhi akibat fenomena ini. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kejadian ini seperti yang pernah dialami di Alaska pada musim hujan.

Bolden menambahkan lebih lanjut, dampak lain yang mungkin ditimbulkan akibat dari fenomena ini adalah semua orang akan merasakan Jum’at Gelap total setelah perayaan Thanksgiving.

Selama 15 hari menghadapi gelap gulita, hanya satu yang dapat Anda bayangkan. Apa yang terjadi pada bumi selama kejadian itu!!!

https://newswatch33.com/science/nasa-confirms-earth-will-experience-15-days-of-complete-darkness-in-november-2015/

http://www.truthorfiction.com/nasa-confirms-15-days-of-darkness-in-november-2015/

 

Baca juga : Benarkah Matikan HP Karena Ada Lintasan Sinar Kosmik?

Note: GULANGGULING.com mencoba membahas pesan yang masih belum ada sumber resminnya, bukan bermaksud membantu penyebaran secara luas. Data yang dimiliki GULANGGULING.com berasal dari sumber internet yang kebenarannya juga perlu diklarifikasi. Narasi artikel dibuat murni dari opini penulis, bisa saja benar dan bisa saja salah. Tidak ada bentuk provokasi yang coba disampaikan penulis.

Pustaka ;

  • http://www.hoax-slayer.com/fake-news-15-days-darkness-nasa.shtml
  • http://www.hoax-slayer.com/nasa-total-blackout-hoax.shtml
  • http://zeenews.india.com/news/space/will-earth-experience-15-days-of-total-darkness-in-november_1645477.html

Incoming search terms:

berita nasa terbaru bumi akan gelap.  apa yang akan terjadi dibulan november.  

LEAVE A REPLY