Kolang-kaling dan Manfaatnya

180
gambar-kolang-kaling

Pernah makan kolak? Biasanya kolak yang populer adalah kolak pisang kolang-kaling. Rasanya jelas enak ya. Rupanya selain diolah untuk menjadi kolak, kolang-kaling ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita lho. Kolang-kaling mudah untuk ditemui dipasar dan juga terjangkau. Harga terakhir di pasar kawasan jalan kaliurang yogyakarta adalah IDR 14,000 per kilogramnya (November 2015).

Kolang-kaling sendiri adalah biji dari buah aren, yang tentunya tumbuh dari pohon aren. Sudah cukup jelas hehehe. Pengolahan kolang-kaling sendiri terbilang cukup rumit. Karena dalam keadaan mentah, kolang-kaling ini bergetah. Prosesnya cukup panjang. Pertama setelah dipanen, buah aren dibakar sampai hangus, kemudian diambil bijinya. Setelah itu, direbus selama beberapa jam. Kemudian biji yang sudah direbus tersebut direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan. Baru setelah itu kolang-kaling didistribusikan ke pasar-pasar untuk kemudian dibeli konsumen.

Kolang-kaling sendiri rasanya plain, alias ya tidak berasa. Rasanya hanya segar. Maka biasanya kolang-kaling dibuat manisan, atau dibuat olahan jajanan yang menarik. Namun selain memiliki rasa yang segar, mengonsumsi kolang kaling juga dapat membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Kolang-kaling ini kaya akan serat, sehingga baik untuk membantu membersihkan saluran cerna.

Selain baik untuk pencernaan, berikut beberapa manfaat kolang-kaling yang dapat gulangguling kumpulkan dari berbagai sumber:

  1. Kolang-kaling bermanfaat memperkuat tulang
    Tingginya kadar kalsium pada kolang kaling juga berpengaruh untuk tubuh. Kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. Penyakit tulang yang rentan diderita oleh wanita dibanding pria. Dari 100 gram kolang-kaling mengandung kurang lebih 91 mg kalsium.
  2. Kolang-kaling bermanfaat untuk diet sehat
    Kolang kaling ternyata mengandung karbohidrat yang baik untuk mereka yang sedang berdiet atau menghindari makanan tinggi kadar lemak. Karbohidrat dalam kolang-kaling cepat diserap dalam tubuh sehingga membuat tubuh cepat kenyang dan mampu memberikan energi. Selain itu, kolang-kaling mengandung air dan gelatin dalam jumlah banyak sehingga membantu menekan nafsu makan.
  3. Kolang-kaling bermanfaat mengobati gatal-gatal
    Mesikpun getah dari buah aren memiliki efek gatal pada kulit, namun ternyata mengkonsumsi kolang-kaling justru dapat membantu meredakan rasa gatal. (Note: belum ada penelitian mengenai hal ini.)
  4. Kolang-kaling bermanfaat untuk radang sendi
    Kolang kaling mengandung zat galaktomanan yang baik untuk meredakan radang sendi. Bahan ini sering dipakai untuk dasar dari bahan obat yaitu nyeri radang sendi. Kolang-kaling direbus untuk langsung dikonsumsi sebagai obat radang sendi.

 

Demikian informasi seputar manfaat kolang-kaling yang dapat kami share. Semoga berguna untk khalayak ramai. Salam sehat!

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kolang-kaling
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kolang-kaling
  • http://www.iyenblog.com/2015/07/konsumsi-kolang-kaling-atasi-nyeri.html
  • http://www.sikeke.com/manfaat-kolang-kaling.html
  • http://manfaat.co.id/manfaat-kolang-kaling

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY