Pijat Jari – Refleksi Tangan Sederhana

1708
Hand and Health via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Kesehatan – Meski banyak informasi mengenai berbagai jenis refleksi di bagian tubuh yang berbeda, terkadang kita takut mengaplikasikan karena mungkin salah pijat atau berbagai resiko lain. Kami mendapatkan informasi mengenai refleksi sederhana yang bisa dilakukan sendiri, kapanpun dan dimanapun, untuk mengurangi gejala yang kadang menyerang. 

Sistem biologis tubuh manusia merupakan sistem yang terpadu. Setiap bagian-bagian tubuh, dari sel hingga organ, terhubung satu sama lain melalui sistem syaraf dan sistem peredaran darah. Ada kalanya sistem ini terganggu yang biasa kita sebut dengan penyakit. Penyebab penyakit secara umum terbagi atas dua yaitu penyebab dari dalam dan dari luar tubuh.

Dari sekian banyak cara-cara untuk menyembuhkan penyakit, salah satu diantaranya adalah Terapi Pijat. Terapi ini bukanlah mitos belaka, telah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa terapi pijat dapat menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Terapi pijat telah ada semenjak ribuan tahun yang lalu. Peradaban bangsa cina dahulu bahkan telah mengembangkan terapi ini menjadi terapi akupuntur yang sangat terkenal.

Melakukan pijat tangan mempunyai beberapa manfaat, seperti meningkatkan sirkulasi, meningkatkan fleksibilitas pada pergelangan tangan serta dapat menghilangkan kekakuan pada jari. Ada beberapa teknik sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meredakan ketegangan yang terjadi di otot dan tendon. Berikut informasinya:

image via littlethings.com
image via littlethings.com

Ibu Jari: meredakan kecemasan dan sakit kepala. Genggam ibu jari Anda dan berikan sedikit tekanan. Pastikan jangan menekan terlalu keras. Ini akan membantu menghilangkan sakit kepala dan rasa cemas.

Jari Telunjuk: meredakan frustrasi dan nyeri otot. Dalam penelitian refleksologi memijat lembut jari telunjuk dapat membantu mengilangkan perasaan frustrasi dan nyeri otot. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota dalam studi kesehatan pasien yang menderita penyakit ginjal dapat merasa lebih baik setelah melakukan refleksi memijat jari telunjuk.

Jari Tengah: meredakan rasa lelah. Menurut filosofi Jin Shin Jyutsu, jari tengah mempunyai kaitan erat dengan rasa lelah dalam diri manusia. Oleh karena itu saat anda merasalelah cobalah tekan jari tengah anda dengan lembut dan berikanlah sedikit pijatan. Ini akan membuat anda merasa lebih baik. Ini juga memberikan rasa relaksasi yang baik.

Jari Manis: meredakan masalah pencernaan. Memberi tekanan pada jari manis bisa meredakan masalah pencernaan. Wendy Coad menyatakan, secara keseluruhan latihan refleksi seperti ini ditujukan untuk membantu mengurangi rasa sakit yang ditemukan pada dada dan ginjal. Yang perlu diingat ketika melakukan refleksi ini adalah untuk selalu tetap tenang dan mengendalikan pernafasan anda.

Jari Kelingking: meredakan rasa gugup. Bagi anda yang merasa gugup saat akan menghadapi sidang atau hal lainnya, anda dapat melakukan refleksi sederhana dengan cara memijat danmenekan jari kelingking anda. tekan dan pijat lembut dengan juga bersihkan pikiran anda. Lakukan refleksi selama 5 menit.

Terapi pijat memang bisa membantu meredakan ketegangan yang dirasakan oleh tubuh. Namun ingat untuk selalu menjaga ketenangan jasmani maupun rohani untuk bisa menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima.

Baca juga tips kesehatan lainnya:

Sumber:
http://www.kompasiana.com/ajuskoto/terapi-pijat-sederhana-untuk-penyakit-sederhana_5510713c813311583bbc6264
http://herbal-obat.blogspot.co.id/2012/12/pijat-refleksi-jari-tangan-atau-hand.html

Incoming search terms:

cara pijat tangan.  refleksi.  terapi jari untuk sakit kepala.  terapi pijat jari tangan.  

LEAVE A REPLY