Manfaat Air Cucian Beras

1699
Beras via pixabay.com

Barangkali belum tahu, gulangguling kali ini akan membahas mengenai manfaat dari air cucuian beras. Lho? Air cucian beras ada manfaatnya? Tentu saja ada! Jadi, ketika mencuci beras untuk menanak nasi, jangan dibuang ya air cuciannya. Bisa kita manfaatkan untuk diri sendiri dan lingkungan lho. Apa saja ya manfaatnya?

Air cucian beras dalam bahasa Jawa biasa disebut air leri. Air cucian beras tersebut ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat, karena kandungan pada beras menjadi terkandung pada air beras. Air beras sendiri memiliki kandungan seperti vitamin B1, vitamin C, vitamin E, dan mineral, serta asam ferulic sebagai anti oksidan dan allantonin sebagai anti inflamasi atau anti peradangan.

Manfaat yang pertama, air cucian beras ternyata bermanfaat untuk perawatan wajah. Tidak perlu pergi ke salon dan menghabiskan uang banyak untuk merawat wajah. Air cucian beras ini bisa membantu kulit terlihat cerah dan kinclong! Beras mengandung beberapa zat yang dapat digunakan untuk kecantikan, kandungan yang ada dalam beras tersebut biasa disebut dengan oryzanol. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultaviolet ke dalam kulit sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit. Air cucian beras bisa digunakan untuk cuci muka, dan bisa kita buat masker wajah. Cara membuat masker beras cukup mudah. Cukup endapkan air cucian beras dalam gelas atau wadah. Endapan inilah yang digunakan untuk masker wajah. Untuk hasil maksimal, aplikasikan masker secara teratur dan wajah akan terlihat cerah.

Yang kedua, air cucian beras juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Air cucian beras ini rupanya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat. Selain itu, air cucian beras juga dapat membantu mengurangi rambut bercabang. Untuk mendapatkan rambut indah dengan air cucian beras tidak sulit. Caranya, setelah keramas dengan sampo yang biasa digunakan, bilas bersih rambut. Setelah itu bilas kembali rambut menggunakan air cucian beras. Apabila rajin menggunakan cara ini, bisa membuat rambut sehat dan juga indah.

Selain bisa digunakan untuk perawatan wajah dan rambut, air cucian beras juga bisa digunakan untuk penyubur tanaman. Air cucian beras bermanfaat sebagai pupuk cair, karena air beras mengandung fosfor yang bisa membantu memacu pertumbuhan akar tanaman. Air cucian beras juga mengandung zat besi yang bisa membantu pembentukan klorofil tanaman, sehingga tanaman menjadi lebih subur.

Dari manfaat air cucian beras yang sudah diketahui di atas, ternyata air cucian beras juga menjadi alternatif bahan makanan, air cucian beras dapat diolah untuk dibuat nata. Seperti nata de coco dari kelapa, atau nata dari lidah buaya, pemanfaatan air cucian beras ini dinamai nata de leri atau nata de rice. Air leri atau air cucian beras sendiri mengandung gula, karbohidrat, dan vitamin B1. Berdasarkan kandungan inilah maka air leri, dapat diolah menjadi nata, dan menjadi makanan inovasi baru yang sehat terutama pada penderita diabetes dan juga membantu dalam pencernaan makanan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Ternyata banyak manfaat dari sesuatu yang kadang kita kira tidak berguna. Yang selama ini hanya dibuang, mulai sekarang bisa kita manfaatkan dan tidak terbuang sia-sia. Salam!

 

Sumber:
http://doktersehat.com/manfaat-air-cucian-beras-untuk-wajah-dan-kulit/
http://www.sikeke.com/manfaat-air-beras.html
http://zonaorganik.com/pemanfaatan-air-cucian-beras-untuk-budidaya-sayuran/
http://www.rofayuliaazhar.com/2012/06/nata-de-lerri-makanan-dari-air-cucian.html

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY