Manfaat Air Kelapa

408
Coconuts via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Informasi – Pernah dengar istilah “pohon seribu guna”? Yap, istilah ini disematkan untuk pohon kelapa, yang memang sangat berguna khusunya bagi kehidupan manusia. Mulai dari batang, daun , sampai buahnya selalu bisa dimanfaatkan. Buahnya sendiri selain bisa dikonsumsi, batok dan sabutnya tidak lalu saja dibuang, namun bisa digunakan untuk hal lain.

Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian, kelapa akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

Selain manfaat batang dan daunnya, buah kelapa banyak dimanfaatkan manusia. Terutama air kelapa yang sudah banyak diketahui manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya menyegarkan, namun khasiatnya lebih dari itu. Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Tiap 30 ml air kelapa mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula. Air kelapa membantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 61 mg potasium dan 5,45 mg sodium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.

Air kelapa pun dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa keluhan penyakit misalnya alergi, demam berdarah, diare, panas dalam, membersihkan kulit yang berjerawat, membantu mendapatkan kulit mulus, dan lain-lain. Air kelapa muda juga dipercaya lebih meningkatkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh kita sehingga pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Menurut penelitian, manfaat air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu terbukti memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan air biasa atau minuman olahraga. Air kelapa dapat dimanfaatkan untuk mencegah dehidrasi pada seseorang. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda dapat membantu untuk mengatasi dehidrasi secara cepat. Tentunya ini lebih aman untuk kesehatan tubuh, dibanding Anda mengkonsumsi suplemen kesehatan instan atau minuman elektrolit kemasan yang di jual di pasaran.

Air kelapa bermanfaat untuk menetralkan racun dalam tubuh. Jadi bagi Anda yang mengalami keracunan, maka segera minum air kelapa hijau untuk mentralkannya. Dengan minum air kelapa, maka racun yang masih berada di dalam lambung akan dibasuh dengan cara dimuntahkan keluar. Apabila racun sudah masuk ke dalam darah, maka air kelapa hanya berfungsi untuk membantu untuk mengencerkannya saja dan racun akan dikeluarkan melalui ginjal.

Banyak lagi manfaat air kelapa dari mulai dari A sampai Z, walaupun begitu tentu konsumsi harus dibatasi dan sewajarnya. Ketika meminum air kelapa, pastikan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan. Ingat bahwa sesuatu yang baik apabila berlebihan, maka hasilnya juga belum tentu baik. Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya dikonsultasikan pada dokter sebelum mengkonsumsi air kelapa.

Ingat, nikmati dan batasi.

Baca juga beberapa artikel bermanfaat lainnya:

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa
http://disehat .com/manfaat-air-kelapa-hijau-muda-untuk-kesehatan-tubuh/
http://www.alodokter.com/ingin-tahu-manfaat-air-kelapa-untuk-kesehatan
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2014/07/04/apa-dampaknya-kalau-terlalu-banyak-minum-air-kelapa

LEAVE A REPLY