Fine Brothers Entertainment Batal Patenkan Kata “REACT”, Akun YouTube Bebas Copyright

244
fine brothers entertainment via youtube

GULANGGULING.COM | YouTube – Beberapa waktu ini muncul berita yang cukup menghebohkan dari salah satu akun YouTube ternama Fine Brothers Entertainment atau yang biasa dikenal dengan sebutan React Channel.

Fine Brothers Entertainment yang terkenal dengan channel “React World” ini mempatenkan kata “React” atau “Reaksi”, hal ini tentu saja membuat para Creator YouTube lainnya merasa geram akan hal itu. Pasalnya penggunaan kata “React” menjadi tidak bebas dan berdampak terhadp pelanggaran hak cipta jika ada video lain yang menggunakan kata tersebut, baik sebagai title ataupun sebagai konten.

Aksi mematenkan kata “React” ini menimbulkan sambutan negative dari para YouTubers. Tidak sedikit yang memberikan komentar pedas dan memberikan dislike lebih banyak dibanding jumlah likes. Walaupun pihak Fine Brothers sudah memberikan klarifikasi melalui video yang kini sudah dihapus, namun itu tidak lantas membuat sambutan negative pada YouTubers mereda.

Salah satu dampak besar dari kejadian ini adalah Fine Brothers Entertainment harus rela kehilangan para subscriber nya, bahkan konon ditaksir hingga mencapai angka 250 ribu subscribed yang telah meninggalkan akun ini. Ini adalah jumlah yang sangat berarti untuk sebuah akun YouTube ternama. Hingga kini subsciber akun tersebut terus menurun, anda bisa mengikuti counter subscribe YouTube secara live dari link ini Live Subscriber

Kini melalui akun Mediumnya, Fine Brothers Entertainment mengabarkan telah membatalkan hal tersebut. Mereka membatalkan mengenai trademarks “react” yang mereka ajukan. Fine Bros pun memutuskan untuk tidak melanjutkan program “React Wordl” mereka, serta mereka akan melepas claim video lain yang terlanjur terkena pelanggaran content ID. Jadi, untuk para creator video tidak perlu khawatir jika video mereka terkena Copyright akibat kejadian ini.

Nasi sudah jadi bubur, itulah pepatah yang terjadi pada Fine Brothers Entertainment. Jumlah Subscriber sudah menghilang ribuan. Gambaran pamor akun yang selama ini dibangun sudah menurun. Itulah kejamnya dunia maya sekarang ini, kadang tidak mengenal “explanation”.

Untuk kamu yang lupa atau belum tau Fine Brothers Entertainment, mari simak salah satu video program React World mereka dibawah ini :

 

source : YouTube.com;Medium.com

 

 

 

LEAVE A REPLY