Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Pekan Imunisasi Nasional POLIO 2016

3288
Image via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Kesehatan – Bila Anda belum tahu, hari ini, 8 Maret 2016, pekan imunisasi POLIO nasional digelar. Tepatnya dimulai dari hari ini, tanggal 8 Maret 2016 sampai dengan 15 Maret 2016. Hal ini diadakan sebagai salah satu upaya pemerintah Indonesia yang juga ikut dalam gerakan Dunia Bebas POLIO. Indonesia sendiri telah dinyatakan bebas POLIO sejak tahun 2104 oleh WHO. Sebenarnya apa sih penyakit polio itu?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), penyakit polio adalah penyakit yang sangat menular yang menyerang anak balita dan disebabkan oleh virus polio. Virus ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan dapat menyerang susunan saraf pusat serta dapat menimbulkan kelumpuhan. Penyakit polio tidak ada obatnya, namun dapat dicegah dengan imunisasi polio.

Imunisasi merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat efektif untuk mencegah penyakit polio. Inilah sebabnya, orang tua perlu memberikan imunisasi polio pada anak-anaknya. Jadi apabila orang tua memiliki anak berusia 0-59 bulan atau kurang dari 5 tahun, perlu mengikuti PIN POLIO 2016 untuk mendapat imunisasi polio oral.

Nah, apakah imunisasi polio ini aman untuk anak saya? Vaksin yang digunakan pada PIN POLIO 2016 ini adalah vaksin/imunisasi oral. Imunisasi polio oral diberikan melalui tetesan, sebanyak 2 tetes ke dalam mulut anak, dan mempunyai rasa yang manis. Menurut IDAI, imunisasi polio oral merupakan imunisasi yang sangat aman. Imunisasi polio telah digunakan pada sekitar 2,5 miliar anak di seluruh dunia. Imunisasi polio ini juga telah menurunkan angka kejadian penyakit polio sekitar 99%.

Jika anak sudah diimunisasi lengkap, masihkah perlu mengikuti PIN POLIO ini? Ya, balita yang imunisasi polio sudah lengkap, PERLU dan HARUS mendapat imunisasi polio oral saat PIN Polio. Imunisasi polio akan melindungi usus anak dan mengeluarkan virus polio liar yang mungkin ada dalam usus anak. Virus polio liar yang keluar dari usus akan mati dalam beberapa hari.

Lalu dimana saja diadakan PIN POLIO 2016? Tempat pemberian imunisasi dilaksanakan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pondok Bersalin Desa (Polindes), Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Puskesmas Pembantu (Pustu), klinik swasta dan rumah sakit serta pos pelayanan imunisasi lainnya di bawah koordinasi Dinas Kesehatan setempat.

Yang perlu diperhatikan, sebaiknya tunda dulu rencana memberikan imunisasi polio ini apabila anak sedang sakit (demam atau sakit berat lainnya). Imunisasi boleh diberikan apabila anak menderita batuk pilek saja tanpa demam.

Demikian informasi bagi orang tua sekalian. Jadi, mari jaga kesehatan anak secara maksimal, dan mari sukseskan Pekan Imunisasi Nasional POLIO 2016.

Sumber:
Hartono Gunardi (IDAI)

Incoming search terms:

jadwal imunisasi puskesmas 2016.  pekan imunisasi nasional.  

1 COMMENT

LEAVE A REPLY