Mengapa Media Banyak Menyiarkan Berita Negatif Daripada Berita Positif?

132

GULANGGULING.COM | Informasi – Sering nonton TV pastinya? Sering juga menonton siaran berita yang isinya gak jauh-jauh dari berita kriminal atau negatif? Pernah berpikir kenapa televisi lebih banyak menyiarkan kabar negatif daripada kabar gembira? Pernah dengar istilah “bad news is good news”?

Ternyata selain memang berita negatif lebih menguntungkan secara rating atau materi, ada juga penjelasan ilmiahnya. Tidak hanya alasan dari lingkungan penyiaran, tapi ternyata pemberitaan secara negatif lebih bisa menarik perhatian kita untuk fokus daripada berita yang positif. Atau dengan kata lain, kita lebih aware terhadap suatu kabar berita yang negatif daripada kabar positif atau menyenangkan yang terjadi di luar sana.

Simak infografis dari chanel Kok Bisa? berikut ini untuk mengetahui lengkapnya mengapa lebih banyak pemberitaan negatif di media daripada berita positif.

Nah, setelah mengetahui alasan mengapa media lebih banyak menyiarkan berita negatif, maka seperti yang disarankan, kita sebagai penonton tidak boleh pasif. Jadilah penonton yang aktif, yang bisa menyaring berita yang kita saksikan setiap harinya di media, atau bahasa kerennya literasi media.

So, jadikan media sebagai sumber informasi dengan menjadikan diri sendiri sebagai filter atau penyaring. Serap informasinya, buang provokasinya.

Saksikan infografis lainnya disini:

Sumber: Chanel Youtube Kok Bisa?

LEAVE A REPLY