Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Image via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Tips – Berpuasa adalah ibadah wajib bagi umat muslim selama bulan Ramadhan ini. Selama puasa kita diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga sedari subuh sehingga terdengar adzan magrib. Tapi ternyata selain mengatasi masalah lapar dan haus, saat puasa biasanya juga muncul masalah bau mulut.

Bau mulut sebenarnya adalah hal yang wajar ketika seseorang dalam keadaan berpuasa. Namun biasanya hal ini membuat kita tidak nyaman ketika harus berkomunikasi dengan orang lain, takut mengganggu, misalnya. Ternyata kondisi ini daam dunia medis dinamakan: halitosis.

Halitosis adalah bau nafas yang tidak sedap. Mengapa sering terjadi saat kita puasa? Berpuasa dan munculnya bau mulut berkaitan erat karena disebabkan oleh keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa makanan dan air, kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup yang dapat menjaga nafas tetap segar.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga bau mulut selama berpuasa. Berikut kami bagikan beberapa tips untuk membuat nafas tetap segar selama menjalankan ibadah puasa:

1. Sikat gigi seperti biasa.
Sikatlah gigi seperti biasa, terutama saat sesudah sahur. Sikatlah gigi dengan benar untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang masih menempel di sela gigi. Anda juga bisa berkumur menggunakan mouthwash atau obat kumur. Gunakan obat kumur tanpa alkohol, karena efek alkohol akan memperkering mulut.

2. Minumlah air putih lebih banyak.
Pada saat sahur, konsumsilah lebih banyak air putih. Minumlah 2-3 gelas air putih. Minum banyak air dapat menghindarkan bau mulut selama berpuasa yang disebabkan oleh keringnya mulut. Selain itu, minum anyak air juga menjaa tubuh tetap segar selama puasa.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur Saat Sahur.
Sertakan buah-buahan segar dan sayuran saat bersantap sahur. Konsumsi buah dan sayur akan membantu untuk meningkatkan produksi air liur, dan air liur adalah salah satu pembunuh bakteri alami terutama di mulut. Selain itu, buah dan sayur juga membantu menyegarkan nafas sehingga tetap segar selama berpuasa.

Selain tiga cara diatas, ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut dengan memanfaatkan buah dan sayur di dapur. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • berkumur dengan air lemon
  • berkumur dengan cuka apel
  • minum teh hitam atau teh hijau
  • minum jus sayur
  • memakan seledri
  • memakan buah alpukat

Demikian tips menjaga bau mulut saat puasa yang bisa kami bagikan. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Sumber: wikipedia, kolom sehat, cara menghilangkan bau mulut, kaskus

Marhaban Yaa Ramadhan,

Segenap kru GGDC mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. 

Mari bersihkan hati di bulan suci.



1 COMMENT

LEAVE A REPLY