Tips Agar Puasa Terasa Ringan

54
Image via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Tips – Ramadhan tiba, Ramadhan tiba! Marhaban yaa Ramadhan. Tiba saatnya bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa wajib selama bulan Ramadhan atau selama 30 hari.

Tentu saja ini adalah ibadah yang tentu saja tidak asing, dan selalu dilakukan setiap tahunnya. Namun meskipun sudah terbiasa, masih banyak orang yang merasa lemas dan berat saat beraktivitas dalam keadaan puasa.

Nah, berikut kami bagikan tips yang bisa dipraktekkan untuk membantu agar puasa terasa ringan meskipun melakukan aktivitas seperti biasa:

Saat sahur:

  1. Sebaiknya konsumsi makanan tidak berlebihan di saat sahur, banyak orang berpendapat bahwa porsi makan sahur harus banyak supaya bisa kuat menahan lapar seharian, tapi sebenarnya komposisi makananlah yang harus diperhatikan.
  2. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan memenuhi kebutuhan tubuh dengan porsi yang cukup. Sahurlah secukupnya dan semua makanan tersebut hendaknya mengandung zat utama yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein.

Saat berpuasa:

  1. Beraktivitaslah seperti biasa, seperti ritme aktivitas sehari-hari dan beristirahatlah ketika merasa lelah. Istirahat sejenak bisa dilakukan setelah ibadah sholat dzuhur.
  2. Tetaplah berolahraga secara teratur meskipun sedang berpuasa. Dengan berolahraga, tubuh anda tetap sehat, bugar, dan kuat menjalankan puasa. Olahraga yang baik saat berpuasa adalah dilakukan waktu menjelang berbuka.

Saat berbuka:

  1. Ingat untuk tidak kalap saat berbuka puasa dengan memakan segala makanan yang ada di depan mata.
  2. Menyegerakan berbuka dengan yang manis untuk selanjutnya mengerjakan sholat Magrib, baru setelah itu kita bisa makan makanan berat. Ingat untuk selalu makan sewajarnya.

Yang paling penting: pastikan konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan mengakumulasikan keseluruhan gelas air putih yang kita minum saat sahur maupun setelah berbuka. Misal saat sahur kita sebaiknya meminum 2 gelas air putih, kemudian setelah berbuka kita sebaiknya minum 4 gelas air putih, dan sebelum tidur kita sebaiknya meminum 2 gelas air putih.

Sumber: info kecantikan, blog lazada

Marhaban Yaa Ramadhan,

Segenap kru GGDC mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. 

Mari bersihkan hati di bulan suci.

LEAVE A REPLY