Ayo Mudik – Selamat Pulang Kampung!

355

GULANGGULING.COM | Tips – Semakin mendekati hari raya Idul Fitri, ada banyak yang harus dilakukan. Selain mempersiapkan kue lebaran, yang juga harus dipersiapkan salah satunya adalah rencana pulang kampung atau mudik.

Yap, pulang kampung atau mudik adalah tradisi yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia ketika Lebaran tiba. Pulang kampung ke daerah asal dari perantauan adalah aktivitas yang hampir selalu dilakukan masyarakat Indonesia. Rasa bahagia ketika berkumpul kembali bersama sanak keluarga besar tentunya yang membuat acara mudik ini semakin khas.

Banyaknya masyarakat yang pulang kampung atau mudik tentu saja membuat lonjakan transportasi dimana-mana. Semua moda transportasi hampir bisa dipastikan penuh, sehingga banyak yang sudah menyiapkan tiket keberangkatan jauh-jauh hari apabila kebetulan menggunakan moda transportasi umum, baik darat, laut, maupun udara.

Begitu pula masyarakat yang memilih untuk menggunakan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi. Banyak hal yang harus disiapkan, terutama kesehatan seluruh anggota keluarga. Karena tidak jarang, momen mudik ini juga merenggut banyak nyawa karena kelalaian dalam berkendara. Tingkatkan kewaspadaan selalu ya.

Tidak ada yang lebih utama selain kesehatan dan keselamatan di jalan raya, seperti yang diworo-worokan oleh Kementrian PU lewat video lucu dibawah ini.

Sila disimak dan diingat-ingat ya!

Selamat pulang kampung, pulang kampung harus selamat.

Lirik:

Jalan-jalan pulang kampung
Bersama dengan keluarga
Waspada di jalan selalu
Agar sehat selamat ceria

Ingatlah, waspada selalu
Silaturahmi harus berlanjut
Selamat pulang kampung
Pulang kampung harus selamat

Mengemudi dengan hati-hati
Jauhkan alat komunikasi
Cek selalu segala kondisi
Barang bawaan dibatasi

Ingatlah, waspada selalu
Silaturahmi harus berlanjut
Selamat pulang kampung
Pulang kampung harus selamat

Jalan raya harus dijaga
Karena milik bersama
Patuhi rambu lalu lintas
Jangan lewati batas

Pilih kendaraan yang aman
Nikmati perjalanan
Jangan lupa, keluarga menunggu di rumah
Pelan-pelan asal selamat

Ingatlah, waspada selalu
Silaturahmi harus berlanjut
Selamat pulang kampung
Pulang kampung harus selamat

Sumber: KemenPU

LEAVE A REPLY