Tips Merawat Tanaman Bunga Agar Sehat Dan Segar

853
gambar-bunga-cantik
Bunga via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Informasi – Untuk yang hobi berkebun atau bercocok tanam, ada beberapa tips yang akan kami bagikan di bawah ini. Tips ini kami adaptasi dari salah seorang penghobi cocok tanam bunga di facebook, Ummu Wajeeha. Sila disimak!

  • Untuk membuat daun subur hijau dan calon bunga tidak berguguran berilah ajinomoto yang dicampur dengan air untuk menyiramnya. Sementara untuk menghindarkan penyakit atau hama pada tanaman, berilah baking soda yang dicampur dengan air
  • Untuk menyuburkan tanaman dan supaya daunnya hijau, rimbun, dan cepat berbunga, campurkan 1 liter air dan 2 sendok teh ajinomoto, aduk hingga larut. Siramlah seminggu sekali menggunakan air campuran vetsin ini.
  • Untuk melindungi tanaman dari hama atau jamur, campurkan 1 liter air dan 2 sendok teh baking soda. Semprotkan ke bagian bunga-bunga tersebut, atau disiramkan ke batang bunga tersebut. Lakukan sesekali saja, karena hal ini untuk perlindungan saja.
  • Khusus untuk bunga anggrek, siramlah pada batang pohonnya, jangan pada daunnya. Karena daun anggrek yang terlalu sering terkena air maka daunnya akan cepat rusak dan membusuk dengan tanda muncul bintik-bintik hitam pada daun.
    Selain itu perlu pencahayaan yang baik agar anggrek berbunga,sehat, dan cantik. Untuk bisa tumbuh sehat, anggrek memerlukan tempat yang teduh dengan sinar matahari yang tidak berkepanjangan.
  • Untuk melati, mawar, daun jeruk, cabai, dan anggrek kebutuhan airnya sedang-sedang saja, dalam arti tanaman-tanaman ini tidak membutuhkan terlalu banyak air.
  • Perhatikan tanaman bunga yang memang membutuhkan banyak air, karena sifatnya tidak tahan panas. Jika kekurangan air bunga tersebut akan sangat layu seperti akan mati. Jadi pastikan untuk lebih sering menyiram tanaman bunga jenis ini.
  • Jangan lupa untuk membuang daun-daun tua yang mulai menguning, supaya tanaman terlihat segar dengan daun hijau yang rimbun.

Dengan memelihara dan merawat berbagai jenis tanaman, semakin lama kita akan memahami sifat dan kebutuhan tanaman-tanaman tersebut. Jadi ketika kita menyiram atau menyemprot bukan sekedar menuang air di dalam pot, tapi kita juga harus mempelajari berapa banyak kebutuhan air dari tanaman tersebut. Dengan perawatan yang baik tanaman-tanaman tersebut akan tumbuh dengan sehat dan cantik.

Note: tips pupuk ajinomoto tersebut TIDAK DIANJURKAN UNTUK BUAH-BUAHAN, karena akan mempengaruhi rasa buah tersebut.

Selamat berkebun!

Sumber: Ummu Wajeeha

Incoming search terms:

mengapa pada saat udara dingin kita lebih sering buang air kecil daripada berkeringat?.  

LEAVE A REPLY